Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam pada Keluarga Kelas Bawah di Desa Tanggul Wonoayu Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Choirunnisa, Liswahyuni (2011) Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam pada Keluarga Kelas Bawah di Desa Tanggul Wonoayu Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Liswahyuni Choirunnisa_D01207073.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pelaksanaan pendidikan agama Islam tidak hanya saja penting bagi orang-orang yang mempunyai derajat, akan tetapi bagi semua orang baik dari kalangan dengan sosial atas sampai dengan kalangan yang bersosial bawah. Pendidikan Agama Islam wajib dipelajari dan di miliki oleh setiap individu, karena dengan Pendidikan agama Islam seseorang tidak akan terpengaruh oleh hal-hal yang tidak balk dan itu merupakan pedoman hidup setiap manusia. Faktor terbesar yang mempengaruhi kepribadian anak adalah lingkungan keluarga, Orang tua dalam pandangan Islam mempunyai peran serta tugas utama dalam kelangsungan pendidikan anak-anaknya, terutama dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam. Balk ia sebagai guru, pedagang, seorang petani atau seorang tukang becak pun, tugas orang tua tetap sebagai pendidik bagi anak-anak mereka terutama dalam penanaman pendidikan agama Islam pada anak sena dalam pelaksanaanya. Tanpa melihat asal-usul dari kasta mana seorang anak itu dilahirkan, berasal dari keluarga kelas apa, Pendidikan Agama Islam wajib di ajarkan serta diberikan kepada anak-anak kita. Maka dalam hal in perlu dikaji dengan cermat dan di ketahui oleh semua pihak keluarga terutama kelas bawah tentang bagaimana pelaksanaan pendidikan agama Islam pada keluarga sena peranan orang tua dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam pada anak. Dari latar belakang diatas muncul rumusan masalah, antara lain: a) Bagaimana pelaksanaan pendidikan agama Islam di desa Tanggul Wonoayu Sidoarjo, b) Bagaimana peranan lingkungan keluarga kelas bawah (orang tua) terhadap pelaksanaan pendidikan agama Islam pada anak, c) Bagaimana pelaksanaan pendidikan agama Islam pada keluarga kelas bawah. Penelitian ini dilakukan di desa Tanggul Wonoayu Sidoarjo, dengan bentuk penelitian kualitatif deskriptif sedangkan metode pengumpulan datanya melalui: observasi, interview, dan dokumentasi. Adapun analisa datanya menggunakan pendekatan induktif kualitatif Mendasar data hasil penelitian dapat diketahui dan disimpulkan, bahwa pelaksanaan pendidikan agama Islam pada keluarga kelas bawah cukup terlaksana dengan baik, ini terbukti bahwa hampir setiap orang tua kelas bawah memberikan peranan yang positif guna memperlancar pelaksanaan pendidikan agama Islam pada anak-anak mereka, diantara peranan tersebut yaitu: mengajarkan kepada anak nilai-nilai keimanan kepada Allah, menanamkan rasa cinta Rasul pada diri anak, membiasakan anak untuk menjalankan ajaran agama Islam, mengontrol dan mengingatkan kegiatan ibadah anak, memberikan contoh teladan yang balk kepada anak, mengarahkan anak untuk bersikap baik, menegur anak ketika melakukan perbuatan yang tidak balk, serta memberikan kursus tambahan di luar sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Choirunnisa, LiswahyuniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Keluarga
Pendidikan Islam
Keywords: Keluarga Kelas Bawah; Keluarga
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 29 Apr 2019 07:49
Last Modified: 29 Apr 2019 07:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31864

Actions (login required)

View Item View Item