Analisis al-Maslahah al-Mursalah terhadap program sekolah pra nikah oleh Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anam, Khoirul (2019) Analisis al-Maslahah al-Mursalah terhadap program sekolah pra nikah oleh Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khoirul Anam_C91215135.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan (field research) dengan judul “Analisis Al-Maslahah Al-Mursalah Terhadap Program Sekolah Pra Nikah Oleh Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) di Surabaya”. Skripsi ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan yang dituangkan ke dalam dua rumusan masalah, yaitu: Bagaimana pelaksanaan program Sekolah Pra Nikah oleh pusat pembelajaran keluarga (PUSPAGA) di Surabaya dan Bagaimana analisis al-mas}lah}ah al-mursalah terhadap program Sekolah Pra Nikah oleh pusat pembelajaran keluarga (PUSPAGA) di Surabaya. Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif yang dihimpun dengan menggunakan teknik pengumpulan dokumentasi, observasi, dan interview. Data yang sudah dikumpulkan selanjutnya disusun dan dianalisis menggunakan deskriptif analisis dengan pola pikir deduktif bertujuan menggambarkan dan menjelaskan secara sistematik mengenai program Sekolah Pra Nikah pusat pembelajaran keluarga(PUSPAGA) di Surabaya yang kemudian dianalisis dalam perspektif al-maslahah al-mursalah. Hasil penelitian mengenai program Sekolah Pra Nikah yang diadakan oleh pusat pembelajaran keluarga (PUSPAGA) di Surabaya dapat disimpulkan: pertama, dalam pelaksanaannya belum terlaksana dengan baik karena yang seharusnya ada 4 materi hanya disampaikan 3 materi saja dalam 3 sesi dalam sehari. Selain itu, beberapa pemateri secara mendadak tidak bisa hadir dan tidak ada pemateri penggantinya; kedua, program Sekolah Pra Nikah yang diselenggarakan oleh pusat pembelajaran keluarga (PUSPAGA) dilihat dari segi kegiatan maupun dari materi yang disampaikan oleh pusat pembelajaran keluarga (PUSPAGA) kota Surabaya memberikan manfaat dalam mengedukasi pasangan yang akan menikah, telah memenuhi syarat-syarat al-maslahah al-mursalah. Sejalan dengan hasil penelitian tersebut maka pusat pembelajaran keluarga (PUSPAGA) disarankan: pertama, memperbaiki pelaksanaan dengan menjadi 4 sesi sehingga tiap bulannya 4 materi itu bisa terlaksana semua; kedua, menambah materi yang lainnya; ketiga, bisa bekerjasama dengan Kementerian Agama Kota Surabaya yang dalam hal ini juga melakukan kegiatan pendidikan pra nikah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anam, Khoirulkhoirula6427@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum > Hukum Perdata Islam
Keluarga > Keluarga Islam
Perkawinan
Uncontrolled Keywords: al-Maslahah al-Mursalah; Sekolah pra nikah; Pusat Pembelajaran Keluarga; PUSPAGA
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Anam Khoirul
Date Deposited: 30 Apr 2019 02:33
Last Modified: 30 Apr 2019 02:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31861

Actions (login required)

View Item View Item