Reinterpretasi hadis pluralitas agama dalam Musnad Imam Ahmad nomor indeks 23842: studi hermeneutika Khaled M. Abou al Fadl

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syahroni, Achmad (2019) Reinterpretasi hadis pluralitas agama dalam Musnad Imam Ahmad nomor indeks 23842: studi hermeneutika Khaled M. Abou al Fadl. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Syahroni_E95215064.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada hakikatnya hadis harus selalu diinterpretasikan di dalam situasi-situasi yang baru untuk menghadapi problema yang baru, salah satunya dalam menginterpretasikan hadis pluralitas agama. Pluralias agama sejatinya merupakan isu-isu lama yang kemudian mencua kembali dengan adanya terror dan kekerasan dengan berlandaskan agama. dalam kajian keislaman sendiri terjadi pro dan kontra dalam pemahaman tentang berpluralitas meski berangkat dari sumber yang sama yaiu al-Qur’an dan Hadis. Penelitian ini diorietasikan untuk menjawab dua pokok permasalahan, pertama kehujjahan hadis pluralias agama dalam Musnad Imam Ahmad, kedua interpretasi hadis tersebut dengan pendekatan hermeneutika Khaled M. Abou al-Fadl Penelitian ini menggunakan jenis metode kualitatif yang datanya bersumber dari kepustakaan (library reaserch) dengan menggunakan metode penyajian data secara deskriptif dan analitis. Penelitian ini menggunakan kitab Musnad Imam Ah}mad sebagai sumber utama dibantu dengan beberapa kitab hadis standard lainnya. Kemudian dianalisa menggunakan metode kritik sanad dan matan dan menerapkan kajian hermeneutika negosiatif Khaled M. Abou al-Fadl. Adapun hasil dari penelitian ini pertama, hadis pluralias agama dalam Musnad Imam Ahmad nomor indeks 23842 berkualitas sahih, dan termasuk kategori hadis maqbub ma’mulun bih sehingga dapat dijadikan hujjah. Kedua, reinerpretasi hadis tersebut bahwasnaya dalam hubunan sosial hal yang harus dijunjung inggi adalah kemanusiaan demi terwujudnya kerukunan dalam masyarakat. Pluralitas agama sendiri sudah dicontohkan nabi melalui piagam madinah yang dimana Nabi mengedepankan kemanusian dalam interaksi sosial bukan dalam akidah keyakinan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syahroni, AchmadAroni9439@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hadis
Uncontrolled Keywords: Reinterpretasi; Pluralitas Agama; Musnad Imam Ahmad; Hermeneuika Negosiatif
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Syahroni Achmad
Date Deposited: 29 Apr 2019 07:23
Last Modified: 29 Apr 2019 07:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31857

Actions (login required)

View Item View Item