Penempatan orang tua di panti jompo Surya Surabaya oleh anak kandung dalam perspektif hukum Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Septian, Very Nur (2010) Penempatan orang tua di panti jompo Surya Surabaya oleh anak kandung dalam perspektif hukum Islam. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Very Nur Septian_C31206011.pdf

Download (8MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan untuk menjawab pertanyaan bagaimana deskripsi penempatan orang tua di Panti jompo Surya oleh anak kandung dan bagaimana tinjauan hukum islam terhadap penempatan orang tua di Panti Jompo surya Surabaya oleh anak kandungnya.Data penelitian dihimpun melalui wawancara dan observasi, serta mengambil berbagai litelatur yang mendukung untuk dijadikan referensi dalam penyusunan skripsi ini. Setelah data hasil penelitian terkumpul selanjutnya dilakukan analisis dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif verifikatif dengan mengunakan pola pikir deduktif dan induktif. Metode induktif, ini dipakai untuk menganalisa data khusus berdasarkan kenyataan-kenyataan dari basil riset kemudian diambil kesimpulan yang bersifat umum, sedangkan Metode deduktif, dipakai untuk mencari dasar­ dasar ketentuan Nash Syar'i dari pendapat ulama untuk diterapkan pada kasus. Realitas yang dialami oleh orang tua di panti merasa kurang mendapat kebahagiaan, ini disebabkan karena orang tua tidak cocok dengan lingkungan panti Jompo, dan ingin berkumpul dengan keluarga. Bahwa menempatkan orang tua di panti Jompo (Werdha) adalah dilarang. Seharusnya anak tetap bersama dengan orang tuanya dirumah dalam keadaan bagaimanapun, Bagi mereka materi saja tidak cukup tanpa kasih sayang anak di sisinya. Solusi nya adalah dengan mendatangkan perawat kusus lansia . Dengan adanya perawat , orang tua akan terawat dengan baik dan anakjuga bisa hidup serumah. Sebagai anak harus berbalas budi dengan memberikan kebutuhan materi secukupnya kepada orang tua dan memperlakukan mereka dengan baik, menyayangi , mendampingi , dan merawatnya . Bagaimanapun keadaan anak, orang tua tetap dalam perawatan dan kasih sayangnya . Tidak sepatutnya seorang anak menempatkan orang tuanya ke panti Jompo (Werdha)

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Septian, Very NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Perumahan > Perumahan Jompo
Orang tua dan Anak
Uncontrolled Keywords: Panti Jompo; panti werdha; balas budi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Apr 2019 03:13
Last Modified: 29 Apr 2019 03:16
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31855

Actions (login required)

View Item View Item