PENGEMBANGAN KURIKULUM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA RINTISAN SEKOLAH BERSTANDAR INTERNASIONAL : STUDI DI SMP NEGERI 3 PETERONGAN JOMBANG

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syarifah, Laily (2012) PENGEMBANGAN KURIKULUM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA RINTISAN SEKOLAH BERSTANDAR INTERNASIONAL : STUDI DI SMP NEGERI 3 PETERONGAN JOMBANG. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ringkasan.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (619kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (917kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (491kB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah investasi sumber daya manusia jangka panjang yang mempunyai nilai strategis bagi kelangsungan peradaban manusia di dunia, oleh sebab itu hampir semua negara menempatkan pendidikan sebagai sesuatu yang utama dalam kontek pembangunan bangsa dan negara.

Salah satu komponen terpenting dalam pendidikan adalah kurikulum, karena kurikulum menentukan arah yang hendak dituju dalam pembelajaran, materi yang diajarkan, cara pencapaian materi/tujuan, strategi pembelajaran dan segala upaya untuk mencapai tujuan. Sementara Pendidikan Agama Islam adalah materi pelajaran yang sangat esensial karena menjadi penentu bagi tercapainya tujuan nasional, yaitu tercapainya manusia yang beriman dan bertakwa. PAI adalah mata pelajaran wajib yang mesti diajarkan di segala jenjang pendidikan.

Kurikulum merupakan suatu hal yang sangat dinamis, karenanya sebuah lembaga pendidikan hendaknya memiliki inovasi dalam mengembangkan kurikulumnya sehingga menjadi lembaga yang terpercaya. Pengembangan kurikulum sendiri bisa bermakna penyusunan kurikulum yang sama sekali baru namun bisa juga menyempurnakan kurikulum yang telah ada.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yang difokuskan pada pengembangan kurikulum PAI di SMP Negeri 3 Peterongan Jombang. Adapun rumusan masalahnya adalah sebagai berikut: (1) Proses pengembangan kurikulum di SMP Negeri 3 Peterongan Jombang, (2) Bentuk pengembangan kurikulum di SMP Negeri 3 Peterongan Jombang, (3) Cara mengimplementasikan kurikulum di SMP Negeri 3 Peterongan Jombang

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan proses pengembangan kurikulum di SMP Negeri 3 Peterongan (2) Mendiskripsikan bentuk pengembangan kurikulum di SMP Negeri 3 Peterongan Jombang, (3) Mendeskripsikan cara mengimplementasikan kurikulum di SMP Negeri 3 Peterongan Jombang

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Amir Maliki
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syarifah, LailyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kurikulum
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kurikulum; PAI; Sekolah Berstandar Internasional; BSI; SMP
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Jan 2016 12:14
Last Modified: 12 Jan 2016 12:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/3184

Actions (login required)

View Item View Item