Analisis Hukum Islam terhadap praktik Bay' al Inah dalam pembiayaan Bai' Bitsamanil Ajil di BMT-UGT Sidogiri Cabang Sidodadi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maula, Harisatul (2011) Analisis Hukum Islam terhadap praktik Bay' al Inah dalam pembiayaan Bai' Bitsamanil Ajil di BMT-UGT Sidogiri Cabang Sidodadi. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Harisatul Maula_C02207171.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana praktik bay' al-'inah dalam pembiayaan Bai' Bitsamanil Ajil (BBA) di BMT-UGT Sidogiri Cabang Sidodadi, dan bagaimana analisis hukum Islam terhadap praktik bay' al- 'inah dalam pembiayaan Bai' Bitsamanil Ajil (BBA) di BMT UGT Sidogiri Cabang Sidodadi. Data yang diperlukan dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, interview (wawancara), dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, data tersebut diolah dan dianalisis dengan analisa deskriptif verifikatif melalui pendekatan deduktif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa praktik bay' al- 'inah dalam pembiayaan Bai' Bitsamanil Ajil di BMT-UGT Sidogiri adalah anggota membawa sendiri barang untuk dijual ke BMT secara tunai kemudian dia membeli kembali barangnya dari BMT dengan pembayaran tangguh dimana harga jual tersebut ditentukan BMT yakni • harga beli pokok ditambah mark up sebesar 3%. Praktik tersebut dinamakan 'inah disebabkan terdapat mata bendanya 'ayn atau uang tunai dan sebab barang tersebut kembali Iagi ke penjual. Menurut hukum Islam, praktik bay' al- 'inah dalam pembiayaan Bai' Bitsamanil Ajil di BMT-UGT Sidogiri diperbolehkan karena dalam pelaksanaannya akad yang dipakai adalah akad jual beli dimana rukun dan syarat jual belinya sudah terpenuhi, hal ini sesuai dengan pendapat Imam Syafi'i dan Zahiri yang membolehkan bay'al- 'inah, sedangkan pendapat Imam Abu Hanifah, Imam Malik dan Ibnu Hanbal yang melarang bay' al- 'inah apabila dikaitkan dengan praktik bay' al- 'inah dalam pembiayaan Bai' Bitsamanil Ajil di BMT-UGT Sidogiri, maka pendapat tersebut tidak sesuai karena pada kenyataannya praktik bay' al- 'inah di BMT-UGT Sidogiri lebih banyak maslahahnya daripada mafsadahnya sehingga praktik bay' al- 'inah dalam pembiayaan Bai' Bitsamanil Ajil di BMT-UGT Sidogiri diperbolehkan dengan alasan yang baik yait u pelarian akad oleh anggota yang tidak bisa memenuhi syarat dan ketentuan akad pembiayaan lainnya. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka kepada Koperasi Jasa Keuangan BMT-UGT Sidogiri disarankan nama produknya sesuai dengan praktiknya begitu juga pada akad pembiayaannya disesuaikan dengan praktiknya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maula, Harisatul--UNSPECIFIED
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Uncontrolled Keywords: Bay' al Inah; pembiayaan; Bai' Bitsamanil Ajil
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Apr 2019 04:26
Last Modified: 26 Apr 2019 04:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31825

Actions (login required)

View Item View Item