Analisis hukum Islam terhadap interaksi Whatsapp oleh mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya sesudah masa khitbah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masruro, Hami (2019) Analisis hukum Islam terhadap interaksi Whatsapp oleh mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya sesudah masa khitbah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
HAMI MASRURO_C91215126.pdf

Download (9MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Hukum Islam Terhadap Interaksi WhatsApp Oleh Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya Sesudah Masa Khitbah”. Merupakan Hasil penelitian lapangan dengan rumusan masalah Bagaimana deskripsi interaksi mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya dengan calon pasangan melalui WhatsApp sesudah masa khitbah ? Bagaimana analisis hukum Islam terhadap pola interaksi mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya dengan calon pasangan melalui WhatsApp sesudah masa khitbah ? Data penelitan dihimpun dengan tiga teknik yaitu mencari informasi kepada informan sebagai pemberi informasi utama dalam pencarian responden oleh penulis, kemudian mengumpulkan data melalui wawancara atau interview dan dokumentasi berupa capture (Screenshot) domumentasi saat dilaksanakannya acara khitbah dan konten obrolan oleh mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya sesudah masa khitbah. Hasil yang telah dihimpun kemudian diolah dengan teknik editing dan organizing selanjutnya dianalisis menggunakan teknik deskriptif analisis dengan pola pikir induktif. Hasil penelitian menyimpulkan: Interaksi mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya dengan calon pasangan sesudah masa khitbah melalui WhatsApp merupakan pengaruh dari pola interaksi mahasiswa pada umumnya memanfaatkan teknologi komunikasi telepon pintar smart phone sebagai sarana interaksi dengan calon pasangan sebelum menjadi sepasang suami istri. dalam hal ini penulis mengambil data dari sampel tehadap beberapa responden dalam mengolah data dengan metode mapping, lalu selanjutnya dalam pola interaksi mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya dengan calon pasangan melalui WhatsApp sesudah masa khitbah, dengan melihat dampak positif akan adanya jarak waktu antara khitbah dan akad perkawinan agar kedua belah pihak dapat saling mengenal lebih dekat dan memanfaatkan alat komunikasi dari aplikasi WhatsApp sebagai sarana komunikasi dengan calon pasangan agar mengurangi intensitas pertemuan sebelum dilakukannya perkawinan.Sesuai dengan kesimpulan di atas, maka interaksi dalam hubungan ta’aruf sesudah masa khitbah seharusnya menjadi salah satu perbuatan yang mengandung unsur ibadah sebelum dilakukannya perkawinan dengan calon pasangan, seperti tetap menjaga sikap, tingkah laku dan ucapan sehingga setiap saat selalu dalam batasan-batasan dalam Islam, tentang apa yang diperbolehkan dan tidak dalam interakasi dengan calon pasangan sesudah masa khitbah, agar terhindar dari suatu hal yang diharamkan dalam interaksi dengan laki-laki atau perempuan ketika belum berstatus muhrim.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masruro, Hamihamimasruro@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Perkawinan
Uncontrolled Keywords: Khitbah; Interaksi wathsapp;
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Masruro Hami
Date Deposited: 26 Apr 2019 08:23
Last Modified: 26 Apr 2019 08:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31824

Actions (login required)

View Item View Item