Efektifitas Model Connected terhadap keaktifan siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas III di SDIT Firdaus Mojosari Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriana, Fina (2011) Efektifitas Model Connected terhadap keaktifan siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas III di SDIT Firdaus Mojosari Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Fina Fitriana_D21206269.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan dalam mengkaji efektifitas model connected terhadap keaktifan siswa dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam kelas III di SDIT Firdaus Mojosari ini dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanan model connected di SDIT Firdaus Mojosari, bagaimana keaktifan siswa dalam proses pembelajaran pendidikan agama islam di SDIT Firdaus Mojosari, dan bagaimana efektifitas model connected terhadap keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran pendidikan agana islam di SDIT Firdaus Mojosari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan dengan metode eksperimen, wawancara, dokumentasi, angket dan tes, kemudian data dianalisa menggunakan rumus statistik yaitu rumus prosentase, mean dan rumus uji "t" agar mendapatkan hasil penganalisaan data secara aktual dan mendalam sesuai dengan topik penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan model connected SDIT Firdaus mojosari dalam prosesnya menunjukkan dapat berjalan efektif dan efisien atau tergolong cukup baik, karena hasil perhitungan prosentase menunjukkan nilai 563,15%. dan keaktifan siswa kelas III SDIT Firdaus Mojosari setelah adanya pelaksanaan model connected mengalami peningkatan yang cukup. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan prosentase yang diperoleh yaitu 663,15% dengan kriteria cukup baik. Sedangkan dalam efektifitas model connected terhadap keaktifan siswa dalam proses pembelajaran pendidikan agama islam kelas III di SDIT Firdaus Mojosari mempunyai efektifitas (usaha menunjukkan taraf suatu tujuan) yang positif terhadap keaktifan siswa. Hal ini berdasarkan adanya perbedaan nilai signifikan antara nilai pretest 6,315 dan nilai postest 7,210, jadi taraf signifikansi 0,895. sedangkan hasil perhitungan uji "t" dengan hasil alchir to yang diperoleh sebesar 3,321.dari basil to yang diperoleh sedesar 3,321, hal ini menunjukkan bahwa to lebih besar dari pada tt baik pada taraf signifikansi 5% dengan nilai 2,10 maupun taraf signifikansi 1% dangan nilai 2,88. ini berarti hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Dan penulis dapat membuat kesimpulan dari penelitian yaitu ada perbedaan efektifitas antara pelaksanaan model connected terhadap keaktifan siswa dalam proses Pendidikan Agama Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriana, FinaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Model Connected
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 26 Apr 2019 03:02
Last Modified: 26 Apr 2019 03:02
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31819

Actions (login required)

View Item View Item