Analisis hukum Islam terhadap mekanisme kredit online menurut pandangan Ahmad Zahro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aisyah, Zakiyah (2019) Analisis hukum Islam terhadap mekanisme kredit online menurut pandangan Ahmad Zahro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Zakiyah Aisyah_C92215193.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian normatif tentang “Analisis Hukum Islam Terhadap Mekanisme Kredit Online dalam Pandangan Ahmad Zahro”. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang Bagaimana mekanisme kredit online dalam pandangan Ahmad Zahro? dan bagaimana analisis hukum Islam terhadap mekanisme kredit online dalam pandangan Ahmad Zahro?. Data penelitian diperoleh melalui membaca norma-norma, aturan tentang kredit, tentang pendapat Ahmad Zahro dalam bentuk artikel atau ceramah di media sosial serta wawancara untuk memverifikasi. Selanjutnya data dianalisis secara deskriptif dan disimpulkan dengan pola pikir deduktif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa, Ahmad Zahro membolehkan kredit online sebagaimana diperbolehkannya kredit konvensional, selama syarat dan rukunnya terpenuhi, tidak merugikan salah satu pihak serta niat yang baik. Dasar hukum yang digunakan adalah bahwa pada dasarnya semua jenis muamalah itu diperbolehkan. Disini yang membedakan hanya masalah teknisnya saja. Sesuai dengan kaidah al-Ashlu fil asy-ya al-ibahah h}atta yadullad dalilu alat tah}rim. Berdasarkan kesimpulan diatas, maka seharusnya Ahmad Zahro lebih menjelaskan lagi tentang mekanisme kredit online. Sehingga masyarakat lebih mengerti tentang bagaimanakah mekanisme kredit online yang baik menurut hukum Islam. Seiring dengan semakin beredarnya rentenir online, maka itu termasuk dalam akibat yang ditimbukan atau efek samping dari kegiatan tersebut. Seharusnya masyarakat lebih berhati-hati dalam menggunakan jasa kredit. Karena semakin banyak rentenir online yang mengatasnamakan dirinya sebagai kredit online. Untuk aplikasi kredit online, harus lebih menjaga keamanan/privasi nasabah agar tidak menyebar ke halayak umum.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aisyah, Zakiyahzakiyahaisyah17@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum
Hukum > Hukum Perdata Islam
Hukum Islam > Utang Piutang
Uncontrolled Keywords: Kredit online; Ahmad Zahro
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Aisyah Zakiyah
Date Deposited: 26 Apr 2019 03:48
Last Modified: 26 Apr 2019 03:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31811

Actions (login required)

View Item View Item