Analisis Maslahah Mursalah terhadap praktik pinjam meminjam uang pada Club Senam Mendut-mendut di Perumahan TNI Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rusman, Masbanu (2019) Analisis Maslahah Mursalah terhadap praktik pinjam meminjam uang pada Club Senam Mendut-mendut di Perumahan TNI Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel.

[img] Text
Masbanu Rusman_C02215039.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul analisis Mas}lah}ah Mursalah terhadap praktik pinjam meminjam uang pada club senam mendut-mendut di Perumahan TNI Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. Skripsi ini menerapkan hasil penelitian lapangan untuk menjawab pertanyaan 1) Bagaimana praktik pinjam meminjam pada club senam mendut-mendut di Perumahan TNI Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo? 2) Bagaimana analisis Mas}lah}ah Mursalah terhadap praktik pinjam meminjam uang pada club senam mendut-mendut di Perumahan TNI Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo? Penelitian ini berupa penelitian lapangan (field research) dan merupakan penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif yaitu menggambarkan data yang ada atau fenomena yang telah terjadi sehingga diperoleh suatu gambaran secara menyeluruh. Kemudian dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa mengenai praktik pinjam meminjam uang pada club senam mendut-mendut di Perumahan TNI Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo yaitu dana iuran rutinan yang terkumpul kas dikembangkan oleh ibu-ibu club senam mendut-mendut sebagai praktik utang piutang antar anggota senam yang membutuhkan, dalam praktiknya diberlakukan potongan sebesar 10% disetiap uang yang dipinjaman. Prosesnya mudah dan tidak harus membutuhkan jaminan. Hukum Islam praktik pinjam meminjam uang tidak sesuai dengan teori al-qard. Sedangkan apabila ditinjau dari segi Mas}lah}ah Mursalah diperbolehkan, karena potongan 10% dalam transaksi utang piutang tersebut akan dimanfaatkan kembali untuk dana sosial anggota club senam bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan bukan untuk kepentingan pribadi perorangan. Maka praktik pinjam meminjam uang yang dilakukan oleh club senam mendut-mendut ini sudah sesuai dan sah karena tidak melanggar aturan ada karena manfaatnya jelas dan sama-sama rela. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka kepada club senam mendut-mendut sebagai penyedia dana utang disarankan alangkah baiknya untuk tidak mengambil laba terlalu besar, sebab dapat membuat orang yang berutang resah dan agar tidak mengarah kepada kerugian maka perlu penyampaian kesepakatan berutang dari awal. Karena disyaratkan oleh Islam utang piutang adalah untuk tolong menolong dan meringankan beban orang lain dan tidak mengakibatkan para pihak hancur dan susah dalam kehidupan ekonominya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rusman, MasbanuMasbanurusman@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Olah Raga
Keuangan
Uncontrolled Keywords: Maslahah Mursalah; pinjam meminjam uang; Club Senam Mendut-mendut
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Rusman Masbanu
Date Deposited: 26 Apr 2019 03:48
Last Modified: 26 Apr 2019 03:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31806

Actions (login required)

View Item View Item