Hubungan faktor akses sanitasi terhadap optimalisasi penggunaan MCK umum: studi di RT 08 RW 02 dan RT 09 RW 03 Desa Tambakcemandi Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ningrum, Mega Aprilia Kusuma (2019) Hubungan faktor akses sanitasi terhadap optimalisasi penggunaan MCK umum: studi di RT 08 RW 02 dan RT 09 RW 03 Desa Tambakcemandi Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mega Aprilia Kusuma Ningrum_H95214027.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penggunaan fasilitas MCK Umum yang kurang optimal menyebabkan terbengkalainya bangunan MCK Umum dan perilaku masyarakat yang cenderung masih BABS. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut diteliti untuk diketahui faktor manakah yang lebih berkorelasi dengan optimalisasi sehingga upaya optimalisasi dapat dilakukan secara optimal. Oleh karena itu diperlukan upaya optimalisasi penggunaan MCK Umum terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku BABS. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan faktor akses sanitasi terhadap optimalisasi penggunaan MCK umum di Desa Tambakcemandi Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Tambakcemandi Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo. Jumlah sampel yakni sebanyak 86 responden. Metode yang digunakan yakni dengan kuesioner yang kemudian diolah dengan menggunakan uji korelasi pada setiap variabel. Berdasarkan hasil uji korelasi, variabel teknis dan kelembagaan berkorelasi dengan optimalisasi. Hasil koefisien korelasi teknis-optimalisasi (0,276) dan kelembagaan-optimalisasi (0,247), keduanya memiliki korelasi positif. Sedangkan signifikansi hasil korelasi teknis-optimalisasi (0,010) dan kelembagaan-optimalisasi (0,022), yakni signifikan di bawah (0,05). Dengan adanya hubungan antara optimalisasi dengan kedua faktor tersebut, maka hal tersebut dapat digunakan sebagai acuan untuk meningkatkan jumlah penduduk supaya mau menggunakan MCK Umum lagi, mengurangi jumlah penduduk yang masih BABS, dan meningkatkan kualitas hidup penduduk jika optimalisasi dari kedua faktor tersebut dioptimalkan secara maksimal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ningrum, Mega Aprilia Kusumamegaaprilia77@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Teknik Lingkungan
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi; MCK Umum; Teknis; Kelembagaan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Ningrum Mega Aprilia Kusuma
Date Deposited: 26 Apr 2019 06:17
Last Modified: 26 Apr 2019 06:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31802

Actions (login required)

View Item View Item