Kehujjahan dan implementasi ajaran hadis tentang cara berbaiat untuk wanita dalam Sunan Al Nasai Nomor Indeks 4187

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saleh, Nanang Rokhman (2001) Kehujjahan dan implementasi ajaran hadis tentang cara berbaiat untuk wanita dalam Sunan Al Nasai Nomor Indeks 4187. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nanang Rokhman Saleh_E03396083.pdf

Download (5MB)

Abstract

Dalam sejarah lahirnya hadis Nabi SAW. riwayat al Nasa'i tentang baiat wanita telah dijelaskan cara pembaiatannya, yakni bersifat ucapan bukan dengan berjabat tangan. Atas dasar itulah, perlu adanya penelitian terhadap hadis-hadis yang terdapat dalam Sunan al-Nasa'i, khususnya yang berkaitan dengan kualitas, baik dari jurusan sanad ataupun matan guna menentukan shahih tidaknya suatu hadis untuk dijadikan hujjah (pedoman agama). Dari hadis yang terdapat dalam Sunan aJ-Nasa'i, maka penulis hanya ingin meneliti hadis tentang cara berbaiat untuk wanita. Dan untuk mem udahkan penelitian ini pen ulis merumuskan dalam bentuk pertanyaan sebagai beri kut: Terpenuhikah nilai keh ujjahan hadis dalam koleksi al-Nasa'i nomer indeks 4187? Bagaimana rumusan akhir format ajaran hadisnya? Penelitian ini bersifat kepustakaan dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode takhrij dan i’tibar. Kemudian menganalisa data melalui metode kritik sanad, kritik matan dan ikhtilaf al hadis. Pada akhir pembahasan dapat disimpulkan diantaranya bahwa hadis riwayat al-Nasa'i yang bersumber dari Umaimah binti Ruqaiqah nomor indeks 41 87 yang diteliti ini memenuhi standar kehujjahan hadis, yakni seluruh perawinya bersifat tsiqah, sanadnya bersambung, tidak ditemukan syadz dan 'illat, yang berarti hadis tersebut bernilai ''shahih''. Untuk hadis yang menjadi muttabi' dan syahid bagi hadis riwayat al­Nasa'i, sesudah dilakukan kritik sanad dapat dinyatakan: hadis riwayat al-Turmudzi , Muwaththa' Malik, Ahmad ibn Hanbal melalui Abdullah ibn Amr, melalui Umaimah binti Ruqaiqah jalur kedua dan ketiga, melalui Asma' binti Yazid jalur pertama dan kedua, bernilai "hasan”. Sedang hadis riwayat Ibnu Majah dan Ahmad ibn Hanbal melalui Umaimah binti Ruqaiqah jalur pertama, keempat dan kelima bernilai ''shah i h". Kesemuanya berjumlah dua belas hadis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saleh, Nanang Rokhman--UNSPECIFIED
Subjects: Wanita dalam Islam
Uncontrolled Keywords: Cara berbaiat; baiat wanita
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 Apr 2019 08:40
Last Modified: 25 Apr 2019 08:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31800

Actions (login required)

View Item View Item