Pengaruh Profesionalitas Guru terhadap efektifitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa SMPN 2 Kandat Kabupaten Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Winarto, Moh. Fiyangga Iska (2011) Pengaruh Profesionalitas Guru terhadap efektifitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa SMPN 2 Kandat Kabupaten Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Moh. Fiyangga Iska Winarto_D31207026.pdf

Download (4MB)

Abstract

Ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) betkembang pesat dan telah mewarnai seluruh aspek kehidupan manusia. Pemerintah telah menetapkan kebijakan untuk meningkatkan mutu pendidikan bagi setiap warga negara, untuk mencapai mutu pendidikan tersebut, salah satu cara yang dapat ditempuh adalah melalui peningkatan keprofsionalan gurunya. Guru merupakan faktor terpenting dalam proses peningkatan kualitas pendidikan. Namun, guru sebagai makhluk sosial dan individual dalam kehidupannya sering mengalami hambatan dalam peningkatan kualitas tersebut. Adapun pennasalahan yang timbul adalah bagaimana profesionalitas guru dalam efektifitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dan upaya apa saja yang dilakukan untuk mengefektifkan pembelajaran. Berpijak dari permasalahan tersebut, maka tujuan dari pembahasan ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh keprofesionalan guru terhadap efektifitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Pendekatan terhadap pennasalahan tersebut ditempuh dengan dua cara yaitu, pendekatan teoritis yang disajikan pada Bab I tentang Pendahuluan, Bab II tentang Kajian teori, dan Bab III tentang Metode Penelitian. Sedangkan pendekatan empiris dikemukakan pada Bab IV yaitu, tentang laporan hasil penelitian yang dilanjutkan dengan Bab V yaitu kesimpulan dan saran-saran. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Kandat. Untuk mengutnpulkan data digunakan beberapa metode yaitu, observasi, doktnnentasi dan wawancara. Kemudian data yang telah terkumpul tersebut dianalisis dengan teknik analisis kuantitatif, yakni data yang dikumpulkan berupa angka. Hasil penelitian ini juga diharapkan berguna bagi Kepala Sekolah dan Guru di SMP Negeri 2 Kandat yang bersangkutan maupun peneliti sendiri. Berdasarkan hasil pembahasan dan penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut, kemampuan guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam sudah cukup profesional, terbukti semua guru memiliki ijazah keguruan, memiliki pengalaman mengajar lebih dari lima tahun, selalu membuat rencana pembelajaran, metode yang digunakan bervariasi, melakukan situasi interaksi yang baik dengan siswa, dan mengadakan evaluasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Winarto, Moh. Fiyangga IskaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Profesionalisme Guru
Uncontrolled Keywords: Profesionalitas Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 25 Apr 2019 07:14
Last Modified: 25 Apr 2019 07:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31799

Actions (login required)

View Item View Item