Studi analiss hukum Islam terhadap praktek waris sawah dan tanah pekarangan berdasarkan Hibah di Kelurahan Pilang Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Marush, Aini Fitriah (2010) Studi analiss hukum Islam terhadap praktek waris sawah dan tanah pekarangan berdasarkan Hibah di Kelurahan Pilang Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aini Fitriah Marush_C51206027.pdf

Download (8MB)

Abstract

Di Desa Pilang Kecamatan Kademangan Kabupaten Probolinggo, sawah dan tanah pekarangan menjadi harta waris mayoritas pcnduduk disana. Proses pembagian waris yang sering kali dilakukan oleh penduduk di daerah tersebut adalah pembagian harta waris kepada ahli waris sebelum pewaris meninggal dunia. Adapun sebagian yang lain melakukan pembagian waris setelah pewaris meninggal dunia dan dilakukan secara tertulis atau prosedural di hadapan kepala desa atau lurah. Masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana proses pelaksanaan waris sawah dan tanah pekarangan berdasarkan hibah di Desa Pilang Probolinggo? Bagaimana pandangan tokoh masyarakat terhadap proses pelaksanaan waris sawah dan tanah pekarangan berdasarkan hibah di Desa Pilang Probolinggo? Bagaimana analisis Hukum Islam terhadap praktek pelaksanaan waris sawah dan tanah pekarangan berdasarkan hibah di Desa Pilang Probolinggo? Dari data yang dikumpulkan dengan cara interview, studi dokumentasi dan observasi, kemudian dengan melalui teknik pengolahan berupa editing dan organizing dan analisis data dengan metode deskriptif verifikatif dan pola piker induktif, maka diakhir pembahasan disimpulkan diantaranya bahwa praktek pembagian waris sawah dan tanah pekarangan berdasarkan hibah di Kelurahan Pilang Kecamatan Kademangan Kola Probolinggo t idak sesuai dengan ketent uan-ketent uan yang telah berlaku, baik dalam segi Hukum Islam, maupun tujuan yang hendak dicapai dari proses tersebut. Yang awalnya ingin menciptakan suatu bentuk kasih sayang, cinta dan rasa keadilan, ternyata kenyataannya adalah sebaliknya, yaitu permusuhan dan pemut usan tali silaturrahmi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Marush, Aini Fitriah--UNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam > Hibah
Waris
Uncontrolled Keywords: Waris sawah; waris tanah pekarangan; Hibah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 Apr 2019 04:39
Last Modified: 25 Apr 2019 04:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31789

Actions (login required)

View Item View Item