Pengucilan Penderita Kusta: aplikasi teori Dialektis Hermeneutik Gadamer terhadap hadis riwayat Imam al Bukhari no.indeks 5707

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Asy'ari, Emi Masturoh (2019) Pengucilan Penderita Kusta: aplikasi teori Dialektis Hermeneutik Gadamer terhadap hadis riwayat Imam al Bukhari no.indeks 5707. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Emi Masturoh Asy'ari_E05215010.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan ma’anil hadis dengan memakai teori mukhtalif hadis, dan hermeunetik, juga menggunakan pendekatan linguistic atau bahasa dalam upaya untuk mengetahui struktur bahasa yang digunakan dalam matan hadis dan juga medis yang sehingga maksud kandungan hadis yang diteliti dapat dipahami dengan baik. Sehingga penelulis dapat menyimpulakn menajdi beberapa rumusan masalah (1) bagaimana pemaknaan hadis sahih al-Bukhari No. 5707 dengan prespektif mukhtalis, dan (2) bagaimana makna firra dilihat dari teori dialektis hermeunetik Gadamer. Mengenai dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwasanya hadis kusta yang diriwayatkan oleh imam al-Bukhari no indeks 5707 dapat dijadikan hujjah karena memiliki status kualias yang shahih, meskipun matan hadisnya tampak saling bertentangan. Berdasarkan pendekatan linguistic dan telah didukung dengan syarahnya, hadis tersebut mengandung tasybih yang memaksudkan kata al-Asad nya yakni hanya sebagai penyamaan suatu alat yang memiliki kesamaan sifat. Sehingga dalam hadis ini lebih bijak jika dipahami dengan situasi dan kondisi konteks saat ini agar dapat dipahami lebih baik lagi. Dan jika di kontekskan dengan realita saat ini, segala sesuatu wajib untuk di petik hikmahnya, sebagaimana orang menderita kusta, bahwa semua penyakit datanya dari Allah yang sehingga tidaklah elok jika orang yang menderita sakit untuk dikucilkan sebagaimana penderita kusta.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Asy'ari, Emi Masturohemimasyari30@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hadis
Uncontrolled Keywords: Kusta; Pengucilan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Asy'ari Emi Masturoh
Date Deposited: 29 Apr 2019 04:24
Last Modified: 29 Apr 2019 04:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31780

Actions (login required)

View Item View Item