Pengaruh pendekatan Problem Posing terhadap peningkatan kreativitas siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas VIII SMP Negeri 12 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fajarita, Kristina (2010) Pengaruh pendekatan Problem Posing terhadap peningkatan kreativitas siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas VIII SMP Negeri 12 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Kistina Fajarita_D01206097.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran pendidikan agama Islam selama ini yang masih sebatas proses penyampaian pengetahuan tentang agama Islam saja. Sedangkan aplikasi nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari justru kurang mendapat perhatian. Guru kurang memberikan ruang berpikir kreatif dimana diperlukan pemikiran kreatif, kritis, dan keterampilan tinggi disegala bidang. Oleh karena itu tuntutan terhadap pendidikan di Indonesia saat ini adalah untuk menghasilkan output yang memiliki potensi dalam berpikir kreatif dan kritis yang semakin tinggi. Untuk itulah penelitian ini mencoba menawarkan sebuah pendekatan pembelajaran yang dapat mendorong siswa belajar kreatif yaitu pendekatan problem posing. Pendekatan ini memberi kesempatan kepada siswa untuk membuat pertanyaan sebanyak mungkin, namun harus tetap mengacu pada setiap informasi yang diberikan. Disini siswa akan berusaha untuk membuat pertanyaan dengan melihat informasi dari berbagai sudut pandang. Sehingga dengan demikian mengajukan pertanyaan bisa membantu siswa dalam memahami konsep dan materi lebih dalam dan mampu mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan pendekatan problem posing. 2) Bagaimana kreativitas siswa. 3) Apakah ada pengaruh penerapan pengaruh penerapan pendekatan problem posing terhadap peningkatan kreativitas siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini dilakukan di SMP NEGERI 12 Surabaya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain Pre-Test-Post-Test Control Group. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen dan VIII-F sebagai kelas control dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Analisis data dalam penelitian ini adalah statistic uji t. Untuk menganalisa data yang diperoleh dari hasil pre-test dan post-test kreativitas, dan analisis non statistic untuk menganalisa data kualitatif. Berdasarkan analisis penerapan pendekatan problem posing dapat dilihat dan kemampuan guru dalam mengolah pembelajaran problem posing selama dua kali pertemuan termasuk berhasil dengan tingkat keberhasilan 80%. Selain itu hasil analisis untuk kreativitas siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan problem posing dikategorikan Imatif dengan tinglcat kreativitas mencapai 82%. Sedangkan berdasarkan hasil data analisis statistic dengan perhitungan uji t pada taraf signitikan 1% dan 5% diperoleh 2,71 dengan harga t atbel pada t.S0,05 = 1,67 dan pada tam = 2,39. Berarti t tufting > t tabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada penerapan pendekatan problem posing dalam meningkatkan kreativitas siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMP N 12 Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fajarita, KristinaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Problem Posing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 25 Apr 2019 01:58
Last Modified: 25 Apr 2019 01:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31779

Actions (login required)

View Item View Item