Orang tua dan kedisiplinan sholat: studi kasus tentang peran ibu sebagai uswatun hasanah dalam meningkatkan kedisiplinan sholat lima waktu seorang remaja

Rizka, Citta Amalia (2019) Orang tua dan kedisiplinan sholat: studi kasus tentang peran ibu sebagai uswatun hasanah dalam meningkatkan kedisiplinan sholat lima waktu seorang remaja. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Citta Amalia Rizka_B93215099.pdf

Download (973kB)

Abstract

Fokus penelitian adalah (1) Bagaimana peran ibu sebagai uswatun hasanah dalam meningkatkan sholat lima waktu seorang remaja? (2) Apa faktor pendukung dan penghambat bagi seorang remaja dalam pelaksanaan sholat lima waktu? (3) Bagaimana solusi dalam menangani faktor pendukung dan penghambat bagi peran seorang ibu sebagai uswatun hasangah dalam meningkatkan sholat lima waktu seorang Dalam menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif (kualitatif), yaitu dengan mendeskripsikan apa yang diteliti. Data kualitatif diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dan observasi dilakukan oleh penulis dengan ibu dan anak mengenai uswatun hasanah dalam meningkatkan sholat lima waktu. Dokumentasi dilakukan penulis dalam setiap kegiatan observasi dan wawancara juga dalam menganalisis uswatun hasanah dalam meningkatkan sholat lima waktu. Hasil penelitian dengan menggunakan beberapa metode di atas, ditemukan sebagai berikut (1) Peran ibu sebagai uswatun hasanah dalam meningkatkan sholat lima waktu seorang remaja adalah memanggil dengan panggilan sayang, menasehati dengan perkataan, meluangkan waktu dan memberikan ilmu tentang keislaman, mendoakan anak, memberikan pujian dan motivasi, dan memberikan perhatian. (2) Faktor pendukung dan penghambat bagi seorang remaja dalam pelaksanaan sholat lima waktu faktor pendukung: kasih sayang ibu, tanggung jawab ibu, ketegasan, kedisiplinana, konsisten, kepedulian, komunikasi yang bail, teman kantor yang mengingatkan. Faktor penghambat, lelah, malas, kecanduan media sosial, kurang kesadaran akan agama. (3) Solusi dalam menangani faktor pendukung dan penghambat bagi peran seorang ibu sebagai uswatun hasanah dalam meningkatkan sholat lima waktu seorang remaja: teladan, nasehat, mengawasi, motivasi, mengingatkan, arahan, peringatan.

Email: amaliacitta@gmail.com
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Basyid, Abd.
Uncontrolled Keywords: Uswatun Hasanah; Ibu; Remaja
Subjects: Bimbingan Konseling
Salat > Salat, Waktu
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Citta Amalia Rizka
Date Deposited: 25 Apr 2019 03:52
Last Modified: 25 Apr 2019 03:52
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31773

Actions (login required)

View Item View Item