Analisis Maqasid al Shari’ah dan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak terhadap peran lembaga Yayasan Peduli Kasih Anak Berkebutuhan Khusus Surabaya dalam mewujudkan hak-hak anak

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanifah, Millah (2019) Analisis Maqasid al Shari’ah dan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak terhadap peran lembaga Yayasan Peduli Kasih Anak Berkebutuhan Khusus Surabaya dalam mewujudkan hak-hak anak. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Millah Hanifah_C01215019.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Maqasid al-Shari’ah Dan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak Terhadap Peran Lembaga Yayasan Peduli Kasih Anak Berkebutuhan Khusus Surabaya Dalam Mewujudkan Hak-Hak Anak” merupakan penelitian yang dilakukan di Lembaga Yayasan Peduli Kasih Anak Berkebutuhan Khusus Surabaya. penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang, 1) Bagaimana peran Lembaga Yayasan Peduli Kasih Anak Berkebutuhan Khusus Surabaya dalam mewujudkan hak anak, 2) Bagaimana analisis Maqasid al-Shari’ah dan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak terhadap peran Lembaga Yayasan Peduli Kasih Anak Berkebutuhan Khusus Surabaya dalam mewujudkan hak anak? Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menggunakan tehnik wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Data yang terkumpul lalu dianalisis menggunakan metode deskriptif analisis dengan pola fikir deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, Peran lembaga Yayasan Peduli Kasih Anak Berkebutuhan Khusus Surabaya dalam mewujudkan hak anak ialah melalui program-programnya yang terbagi menjadi dua yaitu program di dalam Shelter meliputi Bincang Santai, English Thursday, Rabu Menggambar, dan Broadband Learning Center for Disabilities (BLCD) serta program di luar Shelter meliputi Gerakan Kita Sama, Debar RRI dan Lingkungan Ramah ABK. Kedua, Setelah dianalisis dengan Maqasid al-Shari’ah maka peran dari lembaga Yayasan Peduli Kasih Anak Berkebutuhan Khusus Surabaya dapat memelihara akal Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dalam tingkatan hajiyat dan tahsiniyat. Dan jika dianalisis dengan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak maka peran lembaga Yayasan Peduli Kasih Anak Berkebutuhan Khusus Surabaya telah mewujudkan hak-hak anak di antaranya adalah hak anak dapat hidup, tumbuh, berkembang. Hak memperoleh pendidikan, Hak berpikir, Hak bermain, Hak berekspresi, Hak partisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi, Hak anak mendapatkan perlindungan di satuan pendidikan dari kejahatan seksual dan kekerasan yang dilakukan oleh pendidik, tenaga kependidikan, sesama peserta didik, dan/atau pihak lain.Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka pihak yang berkaitan dalam mewujudkan hak anak ABK disarankan; Pertama, hendaknya Yayasan Peduli Kasih Anak Berkebutuhan Khusus Surabaya mempertahankan atau bahkan menambah kegiatan-kegiatan positif yang dapat meningkatkan potensi anak ABK. Kedua, hendaknya para orangtua terus membimbing, membina, mendidik serta mengasuh anak ABK dengan optimal. Ketiga, hendaknya para pelajar, masyarakat serta pihak lain agar membantu mewujudkan hak-hak Anak Berkebutuhan Khusus misalnya dengan contoh kecil stop melakukan bullying terhadap ABK.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanifah, Millahmilahanifahplogie@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Anak > Anak Penyandang Cacat
Keluarga > Keluarga - Anak
Uncontrolled Keywords: Maqasid al Shari’ah; Perlindungan Anak; Anak Berkebutuhan Khusus
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Hanifah Millah
Date Deposited: 26 Apr 2019 03:12
Last Modified: 26 Apr 2019 03:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31769

Actions (login required)

View Item View Item