Partisipasi politik santri pemilih pemula pada pemilihan Gubernur Jawa Timur di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo Tahun 2018

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maimunah, Siti (2019) Partisipasi politik santri pemilih pemula pada pemilihan Gubernur Jawa Timur di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo Tahun 2018. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Maimunah_I71215022.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui atau mengidentifikasi tentang bagaimana partisipasi politik santri pemilih pemula pondok pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo terhadap pemilihan Gubernur di Jawa Timur tahun 2018. (2) Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi partisipasi politik santri pemilih pemula pada pemilihan Gubernur Jawa Timur di pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo tahun 2018. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif menggunakan jenis kualitatif deskriptif (descriptive research) dengan pendekatan John W Creswell, yang studi kasusnya merupakan strategi penelitian dimana di dalamnya peneliti menyelidiki secara cermat suatu program, peristiwa, aktivitas, proses, atau sekelompok individu. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Partisipasi Politik dengan pendekatan perilaku politik santri yang dikesinambungkan dan diseimbangkan dari judul yang telah diangkat oleh peneliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1), Partisipasi politik santri pemilih pemula pada pemilihan Gubernur Jawa Timur di Pondok Pesantren Nurul Jadid sangat aktif dan tingkat kesadaran santri untuk berpartisipasi sangat ideologis. (2), Partisipasi politik santri pada pemilihan Gubernur ini dilakukan di daerahnya masing-masing dengan perizinan dari pesantren. (3), Pengaruh santri dalam berpartisipasi, dengan adanya sebutan parton klien (takzim pada guru) santri dapat dikatakan sebagai pemilih yang menentukan pilihannya dengan ikut-ikutan dalam artian mengikuti jejak kiai dengan menanggapi hasil karyanya. Dengan melakukan perbandingan pendapat yaitu dengan membaca literatur yang berupa artikel, majalah, opini publik yang disebarkan di sekolah maupun di kampus.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maimunah, Sitismaimunah737@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Politik
Politik > Politik Islam > Persepsi Masyarakat
Pemilihan Umum
Keywords: Partisipasi Politik; Pengaruh Politik Santri
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Maimunah Siti
Date Deposited: 25 Apr 2019 01:34
Last Modified: 25 Apr 2019 01:36
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31761

Actions (login required)

View Item View Item