Pemahaman hadis-hadis tentang bendera menurut Hizbut Tahrir Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hakim, Lukman (2019) Pemahaman hadis-hadis tentang bendera menurut Hizbut Tahrir Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lukman Hakim_E95215049.pdf

Download (2MB)

Abstract

Objek dari penelitian ini berfokus pada hadis-hadis yang menjelaskan tentang bendera liwa’ dan rayah Nabi. Sebagian besar hadis yang dikaji merupakan hadis-hadis yang digunakan dan dipahami oleh Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) untuk melegitimasikan bendera yang digunakannya. HTI menggunakan dua bendera yaitu liwa’ berwarna putih dan rayah berwarna hitam yang bertuliskan lafal shahadatayn. Bagi mereka, kedua bendera tersebut difungsikan sebagai bendera negara dan panji perang. Penulis mengkaji hadis-hadis tersebut berdasarkan kritik sanad dan kritik matan untuk menguji keakuratan sumber hadis yang dijadikan sebagai hujah. Kemudian hadis-hadis tersebut dipahami secara komprehensif untuk menangkap makna eksistensi, fungsional, ground dan lafal yang tertulis pada liwa’ dan rayah yang digunakan oleh Nabi. Berdasarkan kualitasnya, hadis-hadis tentang bendera banyak yang berstatus daif. Secara eksistensi, liwa’ dan rayah memang pernah digunakan oleh Nabi semasa hidupnya. Akan tetapi, Beliau tidak memfungsikannya sebagai bendera kenegaraan, melainkan hanya digunakan ketika perang saja. Berbeda halnya dengan HTI yang memfungsikan liwa’ dan rayah yang mereka gunakan sebagai bendera kenegaraan pada sistem khilafah. Nabi menggunakan liwa’ berwarna putih dan rayah berwarna hitam. Berdasarkan hadis-hadis yang dikaji, di dalam bendera tersebut tidak bertuliskan lafal apapun. Hal tersebut berbeda pula dengan bendera liwa’ dan rayah perspektif HTI yang bertuliskan lafal shahadatayn yang mereka legitimasikan dari hadis-hadis Nabi. Sehingga, klaim dan pemahaman bendera liwa’ dan rayah perspektif HTI berbeda dengan informasi yang digali dari data-data hadis yang autentik dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah (keilmuan hadis).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hakim, Lukmanlukmanalhakim489@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Organisasi Masyarakat
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Lukman Hakim
Date Deposited: 29 Apr 2019 04:26
Last Modified: 29 Apr 2019 04:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31759

Actions (login required)

View Item View Item