Evaluasi pengolahan sampah dan pengembangan tempat Penampungan Sampah Sementara (TPS) menjadi tempat Pengolahan Sampah (TPS 3R) di Desa Ngampelsari, Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadhlullah, Nanda Panji (2019) Evaluasi pengolahan sampah dan pengembangan tempat Penampungan Sampah Sementara (TPS) menjadi tempat Pengolahan Sampah (TPS 3R) di Desa Ngampelsari, Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nanda Panji Fadhlullah_H75214012.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembangunan fasiltas pengolahan sampah yang mampu mereduksi jumlah timbulan sampah dibutuhkan seiring dengan bertambahnya jumlah timbulan sampah, dan berkurangnya lahan pemrosesan akhir. TPS 3R memiliki konsep utama yaitu mengurangi jumlah dan memperbaiki karakteristik sampah yang akan diolah secara lebih lanjut di TPA. Telah terdapat TPS di desa Ngampelsari, namun dalam pengolahan sampahnya belum menerapkan sistem 3R. Evaluasi teknis pengolahan sampah di TPS Ngampelsari dilakukan untuk mengetahui kemampuan TPS dalam mengolah sampah. Metode yang digunakan dalam perencanaan ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data primer dilakukan dengan observasi dan sampling sampah. Data primer meliputi data densitas sampah, timbulan dan komposisi sampah, serta hasil obervasi lapangan. Sedangkan, pengumpulan data sekunder dilakukan dengan mengumpulkan data melalui dokumen dan referensi dari dinas terkait. Data sekunder meliputi data kependudukan, profil desa, dan profil TPS. Sampling sampah dilakukan selama 8 hari. Metode yang digunakan adalah metode load count analysis sesuai SNI 19-3964-1994. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata densitas sampah eksisting sebesar159,84 kg/m3, timbulan sampah sebesar 1611,96 kg/hari atau 10,1 m3/hari. Komposisi sampah meliputi 68% organik, 9% kertas, 7% plastik, 4% kain, 3% lain-lain, 2% diapers dan kayu, serta 1% logam dan karet. Potensi ekonomi dari pengolahan sampah organik sebesar Rp.161.001,-/hari dan sampah anorganik layak jual sebesar Rp. 51.516,-/hari sampai Rp. 909.088,-/hari. Hasil evaluasi teknis TPS menunjukkan bahwa lahan eksisting seluas 200 m2 tidak mampu untuk menampung sampah hingga tahun 2028. Dari hasil perhitungan, perencanaan TPS 3R Ngampelsari membutuhkan lahan seluas 305,6 m2 dengan rincian 293,6 m2 untuk komponen utama dan 12 m2 untuk komponen penunjang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadhlullah, Nanda Panjinandafadhlullah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Daur Ulang
Teknik Lingkungan
Uncontrolled Keywords: Evaluasi TPS; Pengolahan Sampah; Sampah Perkotaan; TPS 3R
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Fadhlullah Nanda Panji
Date Deposited: 24 Apr 2019 04:17
Last Modified: 24 Apr 2019 04:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31741

Actions (login required)

View Item View Item