Pengaruh penerapan Pembelajaran Remedial dengan Tutor Sebaya terhadap prestasi belajar Siswa bidang study Fiqih di MA Nahdlatut Thullab Sampang Madura

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Istianah, Istianah (2010) Pengaruh penerapan Pembelajaran Remedial dengan Tutor Sebaya terhadap prestasi belajar Siswa bidang study Fiqih di MA Nahdlatut Thullab Sampang Madura. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Istianah_D01206183.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan merupakan suatu jalan atau cara yang mengantarkan manusia untuk mencapai tujuan hidupnya. Bahkan pendidikan menjadi sebuah kewajiban yang harus di jalani manusia dalam kehidupannya. Penerapan Pembelajaran remedial Juga merupakan cara mangantarkan siswa untuk mencapai tujuan hidupnya yaitu untuk memperoleh prestasi yang tinggi bagi siswa yang belum memenuhi standar yang sudah ditetapkan. Masalah yang diteliti dalam skripsi yang berjudul " Pengaruh penerapan pembelajaran remedial dengan tutor sebaya terhadap prestasi belajar siswa bidang study fiqih di MA Nahdlatut Thullab Sampang Madura" adalah : (1) Bagaiamana respon siswa terhadap penerapan pembelajaran remedial dengan tutor sebaya di MA Nahdlatut thullab Sampang Madura; (2) Bagaimana prestasi belajar siswa bidang study fiqih di MA Nahdlatut thullab Sampang Madura; (3) Adalcah pengaruh penerapan pembelajaran remedial dengan tutor sebaya terhadap prestasi belajar siswa bidang study fiqih di MA Nahdlatut Thullab Sampang Madura. Penelitian ini berupa penelitian deskriptif kuantitatif. Dalam penyajiannya peneliti menguraikan secara jelas tentang obyek yang diamati serta menyajikannya dalam bentuk angka.. Analisis yang digunakan adalah:(1) Analisis Deskriptif tentang pembelajaran remedial dengan tutor sebaya dan prestasi belajar siswa; (2) Analisis Statistik dengan menggunakan rumus Produk moment untuk mengetahui tentang pengaruh penerapan pembelajaran remedial dengan tutor sebaya terhadap prestasi belajar siswa bidang study fiqih di MA Nahdlatut Thullab Omben Sampang Madura. Berdasarkan masalah tersebut diatas dan setelah dianalisis dapat disimpulkan bahwa (1) Penerapan Pembelajaran Remedial dengan Tutor Sebaya adalah baik; (2) Prestasi belajar siswa bidang study fiqih juga tergolong baik; (3) Pengaruh penerapan Pembelajaran Remedial dengan tutor sebaya terhadap prestasi belajar siswa bidang study fiqih di MA Nahdlatut Thullab Omben Sampang Madura, berdasarkan analisis diperoleh "rxy" hasil perhitungan = 0,650 dengan jumlah responden 61 siswa, sedangkan "r" pada tabel koefisien korelasi product moment taraf signifikan 5% aclalah 0,254. Jadi "rxy" perhitungan lebih besar dan nilai "r" pada tabel, maka hipotesis kerja diterima. Adapun pengaruh penerapan Pembelajaran Remedial dengan tutor sebaya terhadap prestasi belajar siswa bidang study fiqih di MA Nahdlatut Thullab Omben Sampang Madura adalah tergolong cukup, hal ini berdasarkan pada "r" perhitungan yaitu 0,650 yang berada pada rentangan 0,40-0,60 yang mana interpretasinya adalah sedang atau cukup.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Istianah, IstianahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan > Prestasi Belajar
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Remedial; Tutor Sebaya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 24 Apr 2019 02:20
Last Modified: 24 Apr 2019 02:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31730

Actions (login required)

View Item View Item