العناصر الداخلية في فيلم " بلال : سلالة بطل جديد " لأيمن جمال

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Fauzi, Egi (2019) العناصر الداخلية في فيلم " بلال : سلالة بطل جديد " لأيمن جمال. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Egi Al Fauzi_A71215057.pdf

Download (3MB)

Abstract

Film Bilal : A New Breed of Hero karya Ayman Jamal adalah film yang menceritakan sebuah kisah yang terinspirasi oleh cuplikan sejarah dalam kehidupan Bilal bin Rabah seorang budak dari Ethiopia yang menjadi "Muadzin Islam" dan menjadi salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW. Seorang pria yang mengilhami banyak orang dengan kekuatannya melawan perbudakan, penindasan, diskriminasi, penyampaian akan keadilan, kesetaraan dan gagasan tentang satu ajaran dibawah naungan Tuhan. Film ini memenangkan penghargaan "The Best Inspiring Movie" di Festival Film Cannes dan penghargaan film inovatif terbaik di Broad Cast Pro Middle East Award. Sehingga penulis tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut tentang unsur-unsur intrinsik pada film Bilal : A New Breed of Hero karya Ayman Jamal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) unsur-unsur intrinsik film Bilal : A New Breed of Hero karya Ayman Jamal dari segi tema, tokoh, setting, alur, amanat dan gaya bahasa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah film Bilal : A New Breed of Hero karya Ayman Jamal. Objek penelitian ini berupa unsur-unsur intrinsik film Bilal : A New Breed of Hero karya Ayman Jamal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak dan catat. Instrumen yang digunakan adalah penulis dibantu dengan kartu data, alat tulis, dan komputer. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah deskripsi analisis. Hasil dari penelitian ini didapatkan dari film Bilal : A New Breed of Hero karya Ayman Jamal adalah bertemakan tentang perjuangan, adapun tokoh utama dalam film ini adalah Bilal bin Rabah dengan menggambarkan 2 setting yaitu : tempat, dan waktu, dan alur pada film ini menggunakan alur maju, gaya bahasa yang ditemukan oleh peneliti adalah kalam insyai thalabi, kalam khobari, iqtibas, tasbih dan tikrar. Amanat yang terkandung adalah berjuanglah sekuat tenaga untuk membela agama islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Fauzi, Egiegi_alfauzi@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Uncontrolled Keywords: unsur intrinsik; film; Bilal bin Rabah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Al Fauzi Egi
Date Deposited: 24 Apr 2019 06:50
Last Modified: 24 Apr 2019 06:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31729

Actions (login required)

View Item View Item