Perencanaan sistem transmisi dan distribusi air minum sumber mata air Wae Decer Kabupaten Manggarai menggunakan program Epanet 2.0

As'at, Moh. Rizki Haqiqi (2019) Perencanaan sistem transmisi dan distribusi air minum sumber mata air Wae Decer Kabupaten Manggarai menggunakan program Epanet 2.0. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Rizki Haqiqi As'at_H75214016.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kabupaten Manggarai merupakan daerah dataran tinggi yang memiliki permukaan bergelombang (pegunungan) sehingga banyak ditemukan sumber mata air, salah satunya adalah mata air Wae Decer. Pada tahun 2016, penduduk Kabupaten Manggarai tercatat sebanyak 324.014 jiwa. Namun, akses air minum layak hanya sebesar 57,61 %. Tujuan penelitian ini adalah untuk merencanakan sistem pipa transmisi dan distribusi air minum mulai dari sumber mata air Wae Decer hingga pipa distribusi di desa-desa yang akan dilayani. Selain itu juga dihitung biaya pembangunannya. Proses pengumpulan data dilakukan dengan melakukan survei lapangan. Terdapat 2 jenis data yang dikumpulkan yaitu data primer dan data sekunder. Data primer meliputi data jalur trancking jaringan transmisi dan distribusi, data broncaptering eksisting, serta dokumentasi. Sedangkan, data sekunder meliputi data jumlah penduduk dan fasilitas umum, data RISPAM Kabupaten Manggarai, data peta jaringan jalan kabupaten manggarai, dan data harga satuan barang dan upah Kabupaten Manggarai. Data-data yang diperoleh selanjutnya akan dianalisa dengan metode analisa deskriptif. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, terdapat 7 desa yang akan dilayani yang dibagi ke dalam 2 zona. Zona 1 melayani Desa Karot, Desa Bangka Kenda, Desa Lalong, Desa Golo Wua, Desa Golo Watu, dan Desa Ranggi dengan total kebutuhan air sebesar 26 liter per detik. Sedangkan di Zona 2, desa yang dilayani adalah Desa Karot dan Desa Poco dengan total kebutuhan air sebesar 14 liter per detik. Jaringan sistem transmisi dan distribusi air minum sumber mata air Wae Decer dapat di simulasikan dengan pada program Epanet 2.0 dengan tekanan di ujung jalur distribusi zona 1 adalah 14,77 meter yang berada di Desa Ranggi, dan tekanan di ujung jalur distribusi zona 2 adalah 23,47 meter yang berada di Desa Poco. Sedangkan untuk biaya pada perencanaan pipa transmisi adalah Rp 5.900.299.000.00 dan pipa distribusi sebesar Rp 25.394.802.000.00.

Email: rizki.haqiqi@gmail.com
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Setyowati, Rr Diah Nugraheni
Uncontrolled Keywords: Epanet; Distribusi; Transmisi; Wae Decer
Subjects: Fasilitas Umum
Layanan
Konsumen
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: As'at Moh. Rizki Haqiqi
Date Deposited: 24 Apr 2019 04:08
Last Modified: 24 Apr 2019 04:08
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31728

Actions (login required)

View Item View Item