Kyai Darmodjojo: studi tentang peranannya memimpin pemberontakan petani terhadap Pemerintah Kolonial Belanda di Nganjuk 1907

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Layly, Hanif Maghfurotul (2019) Kyai Darmodjojo: studi tentang peranannya memimpin pemberontakan petani terhadap Pemerintah Kolonial Belanda di Nganjuk 1907. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hanif Maghfurotul Layly_A92215035.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul Kyai Darmodjojo (Studi Tentang Peranannya Memimpin Pemberontakan Petani Terhadap Pemerintah Kolonial Belanda Di Nganjuk 1907) memiliki tiga fokus penelitian, yaitu: Bagaimanakah riwayat hidup Kyai Darmodjojo, Bagaimanakah terjadinya pemberontakan petani di Nganjuk 1907, dan Bagaimanakah peran Kyai Darmodjojo dalam memimpin pemberontakan petani di Nganjuk 1907.Penelitian ini merupakan penelitian sejarah sosial yang menggunakan pendekatan historis-biografis untuk menggambarkan sosok Kyai Darmodjojo dan pendekatan sosiologis untuk mengkaji konstruksi sosial masyarakat dibawah pemerintahan kolonial Belanda saat itu. Dalam penelitian ini menggunakan Teori Konfllik Jonathan Turner yang menjelaskan sebab-sebab munculnya sebuah konflik. Teori Peranan Levinson dan Tindakan Sosial Max Weber untuk menjelaskan sebuah tindakan sosial yang dilakukan sesuai dengan peran sosialnya. Serta Teori Kharismatik Max Weber yang menjelaskan otoritas kepemimpinannya. Adapun metode yang digunakan oleh peneliti dalam penulisan sejarah ini adalah: Heuristik, Kritik, Interpretasi (Penafsiran) dan Historiografi. Dari hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Kyai Darmodjojo lahir pada tahun 1883 di Gebog, Cendono, Afdeeling Kudus, Karesidenan Semarang. Ia memimpin pemberontakan petani terhadap pemerintah kolonial Belanda di Nganjuk pada tahun 1907. (2) Keadaan masyarakat yang berada dibawah pemerintah kolonial Belanda memaksanya untuk memobilisasi rakyat yang tertindas yang sebagian besar kaum petani, dengan menyatakan diri sebagai Ratu Adil yang akan membebaskan rakyat dari belenggu penjajah. (3) Pemberontakan ini berlangsung singkat, akan tetapi berhasil menciptakan kekhawatiran bagi pemerintah kolonial Belanda dan mengguncang kaum minoritas Eropa yang tinggal di wilayah itu. Bahkan pemerintahpun meminta bantuan militer dari Surabaya karena kewalahan menghadapi pasukan pemberontak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Layly, Hanif Maghfurotulhaniflayly2018@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Biografi > Biografi Islam
Sejarah > Sejarah Indonesia
Uncontrolled Keywords: Kyai Darmodjojo; Pemberontakan Petani; Nganjuk
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Layli Hanif Magfurotul
Date Deposited: 24 Apr 2019 06:07
Last Modified: 24 Apr 2019 06:07
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31727

Actions (login required)

View Item View Item