Raharjaning Kabudayan Perspektif Al-Huda Tafsir Basa Jawi Karya Bakri Syahid Surat Yunus 10: 5

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Millati, Zuyyina (2019) Raharjaning Kabudayan Perspektif Al-Huda Tafsir Basa Jawi Karya Bakri Syahid Surat Yunus 10: 5. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zuyyina Millati_E03215054.pdf

Download (5MB)

Abstract

Karya tafsir pada dasarnya merupakan produk budaya yang lahir dari proses dialektika antara penafsir dengan budaya yang melingkupinya di satu pihak dialognya dengan al-Qur’an. Tema ini membahas tentang kegiatan penafsiran al-Qur’an yang merupakan kegiatan yang tidak pernah berhenti dari masa ke masa. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk menelusuri salah satu khazanah tafsir yang ikut meramaikan perkembangan tafsir pada periode modern pada pasca kemerdekaan adalah al-Huda: Tafsir Qur’an Basa Jawi karya Bakri Syahid. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang datanya bersumber dari kepustakaan (library research). Bakri Syahid lahir dan dibesarkan dalam interaksi budaya Jawa. Tafsir al-Huda merupakan proses pergumulan antara al-Qur’an, wawasan budaya Jawa yang dimiliki pengarang, kondisi sosial budaya Jawa yang melingkupinya. Tafsir al-Huda memiliki keistimewaan metode penulisan dan penjelasannya, yaitu; didalam Tafsir al-Huda dengan bahasa Jawa, kemudian diterjemahkan dan diberikan penjelasan (foot note) dalam Bahasa Jawa. Tafsir al-Huda ini merupakan tafsir kontemporer budaya Jawa yang bersifat kultural-kontekstual dan integratif-interkonektif. Pendekatan integrafif-interkonektif adalah pendekatan yang berusaha saling menghargai; keilmuan umum dan agama, sadar akan keterbatasan masing-masing dalam memecahkan persoalan manusia, hal ini akan melahirkan sebuah kerja sama, setidaknya saling memahami pendekatan (appoarch) dan metode berpikir (procces and procedure) antara dua keilmuan tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Millati, Zuyyinamillatymalik@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Budaya - Agama
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Raharjaning Kabudayan; Tafsir al-Huda; Bakri Syahid; kesejahteraan budaya
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Millati Zuyyina
Date Deposited: 24 Apr 2019 04:05
Last Modified: 24 Apr 2019 04:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31720

Actions (login required)

View Item View Item