Pengaruh bimbingan dan konseling islam dengan pendekatan cognitive behavioral play therapy untuk menurunkan agresivitas siswa di Madrasah Aliyah Masyhudiyah Gresik

Syarifah, Ilyah (2019) Pengaruh bimbingan dan konseling islam dengan pendekatan cognitive behavioral play therapy untuk menurunkan agresivitas siswa di Madrasah Aliyah Masyhudiyah Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ilyah Syarifah_B03215017.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini di dasarkan pada fenomena yang mengindikasi adanya perilaku agresif pada siswa di Madrasah Aliyah Masyhudiyah Gresik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada pengaruh dari penggunaan cogntive behavioral play therapy untuk penurunan agresivitas siswa di Madrasah Aliyah Masyhudiyah Gresik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi-Experimental Design dengan menggunakan aturan Non Equivalent Control Group Design, yang mirip dengan Posstest Control Group. Bedanya pada desain Non Equivalent Control Group, kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol tidak dipilih secara random. Subjek peneliti berjumalh 28 siswa. Kemudian peneliti membaginya menjadi 14 siswa di kelompok eksperimen dan 14 siswa di kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan oleh peneliti adalah instrumen angket untuk menjaring varibel Y yakni agresivitas. Berdasarkan hasil penelitian yang menggunakan analisis dengan uji Wilcoxon diperoleh nilai p value sebesar 0,022 < 0,05 maka hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada kelompok eksperimen yang telah diberikan perlakuan (konseling). dan diketahui pula adanya perbedaan hasil pada kelompok kontrol dan eksperimen dimana hasil uji wilcoxon yang didapatkan oleh kelompok kontrol adalah p value sebesar 0,413 > 0,05 yang artinya pada kelompok kontrol tidak didapati perubahan yang dignifikan antara pretest dan postest. Saran penelitian: 1) Bagi guru Madrasah aliyah Masyhudiyah, agar tetap memperhatikan dan memantau perkembangan siswa serta memberikan bimbingan dan konseling yang berkaitan dengan masalah agresivitas siswa. 2) Bagi siswa Madrasah Aliyah Masyhudiyah umumnya dan pada kelas X khususnya agar senatiasa terus belajar dan menjaga perilaku yang baik terhadap orang tua, guru maupun teman sebaya. 3) Bagi peneliti selanjutnya, agar dapat melakukan penelitian lanjutan yang lebih mendalam dengan waktu yang lebih lama, serta memperdalam teknik-teknik bermain ala pendekatan conitive bahvior yang lebih banyak dan kreatif dari berbagai penelitian luar negeri, sehingga diharapkan dapat memberikan hasil peneltian yang lebih baik.

Email: ilyahsyarifah0610@gmail.com
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Fahmi, Lukman
Uncontrolled Keywords: Bimbingan konseling islam; cognitive behavioral play therapy; agresivitas
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Syarifah Ilyah
Date Deposited: 24 Apr 2019 03:29
Last Modified: 24 Apr 2019 03:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31712

Actions (login required)

View Item View Item