Representasi jagoan dalam iklan dettol cool body wash versi Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon: analisis semiotika Charles Sanders Peirce

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ula, Nurul Maghfirotul (2019) Representasi jagoan dalam iklan dettol cool body wash versi Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon: analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Maghfirotul Ula_B96214103.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Representasi Makna Jagoan Dalam Ikan Dettol Cool Body Wash Versi Kevin Sanjaya Sukamuljo Dan Marcus Fernaldi Gideon (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce)” adalah hasil penelitian teks media. Terdapat fokus masalah yang diteliti pada skripsi ini yaitu : bagaimana makna jagoan direpresentasikan dalam iklan sabun Dettol Cool Body Wash versi Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon. Untuk mengungkapkan masalah tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis teks media dengan pendekatan kritis, yang berguna untuk memberikan fakta dan data kemudian data tersebut dianalisis secara kritis dengan dasar pemikiran Charles Sanders Peirce, yang menganalisis dengan tiga tahap yaitu: tanda (sign), penggunaan tanda (interpretant), dan acuan tanda (object).Hasil penelitian ini adalah makna jagoan dalam iklan Dettol Cool Body Wash direpresentasikan oleh pihak pengiklan yaitu PT Reckitt Benchkiser sebagai seorang yang harus menjadi jagoan bagi dirinya sendiri dengan cara menjaga tubuh agar tetap segar dan terhindar dari kuman dan bau badan dengan mandi menggunakan produn sabun Dettol Cool Body Wash. Kemudian pihak pengiklan menghadirkan Kevin Sanjaya dan Marcus Fernaldi yang merupakan atlet Ganda Putra no.1 dunia di cabang Bulutangkis sebagai simbol dari jagoan untuk mendukung produksi pembuatan iklan demi mencapai tujuan yang diinginkan pengiklan. Berdasarkan hasil penelitian ini, beberapa rekomendasi yang diperkirakan dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi peneliti selanjutnya adalah melakukan kajian dengan menekankan aspek komunikasi yang lain seperti respon audience, strategi pemasaran dan lain-lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ula, Nurul Maghfirotulnurulula96@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Komunikasi
Iklan
Keywords: Makna Jagoan; Representasi Iklan; Semiotika Charles Sanders Peirce.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ula Nurul Maghfirotul
Date Deposited: 24 Apr 2019 04:34
Last Modified: 24 Apr 2019 04:34
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31711

Actions (login required)

View Item View Item