Epistemologi Tafsir Sinar karya H. A. Malik Ahmad.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chusna, Nur Kholifah (2019) Epistemologi Tafsir Sinar karya H. A. Malik Ahmad. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Kholifah Chusna_E93215132.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian tentang epistemologi tafsir sangatlah penting dilakukan terlebih pada tafsir karya ulama Nusantara yang dari waktu ke waktu baru terlihat keberadaannya walaupun telah lama karya itu diciptakan. Khususnya Tafsir Sinar ini yang belum populer namanya oleh masyarakat Indonesia. Inilah yang menjadi awal dari penelitian dengan menggunakan epistemologi sebagai rumusannya. Penelitian ini mempunyai dua tujuan utama, yaitu pertama, untuk mengungkap sumber dan metode yang digunakan Buya Malik Ahmad dalam menafsirkan Alquran. Kedua, mendeskripsikan validitas tafsir menurut Buya Malik Ahmad dalam menulis kitab Tafsir Sinar. Model penelitian kualitatif yang akan digunakan dalam penelitian ini dengan data-data yang diperlukan bersumber pada penelitian kepustakaan (library search). Data-data tersebut dibagi menjadi dua jenis yaitu data primer dan data sekunder. Semua data yang telah terkumpul akan diklasifikasikan ke dalam beberapa kategori dan dianalisis dengan sub bahasan masing-masing. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa sumber yang digunakan Buya Malik Ahmad dalam Tafsir Sinar diantaranya adalah Alquran, Hadis, Qaul Sahabat dan Tabi’in, kitab Tafsir, dan pemikiran Buya Malik Ahmad sendiri (ra’yu). Metode analitis yang mengarah kepada nuzuliy. Tafsir ini dikategorikan pada tafsir bi al-ra’yi. Mengenai validitas penafsiran, Ia menggunakan teori koherensi dan pragmatisme.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chusna, Nur Kholifahnkchusna@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Al Qur'an
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Uncontrolled Keywords: Epistemologi; Tafsir Sinar; Malik Ahmad
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Chusna Nur Kholifah
Date Deposited: 24 Apr 2019 07:41
Last Modified: 24 Apr 2019 07:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31706

Actions (login required)

View Item View Item