Epistemologi Tafsir dalam Kitab Tafsir Juz Tabarak Khuluqun ‘Azhim karya M. Yunan Yusuf.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Riawati (2019) Epistemologi Tafsir dalam Kitab Tafsir Juz Tabarak Khuluqun ‘Azhim karya M. Yunan Yusuf. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Riawati Azizah_E93215079.pdf

Download (6MB)

Abstract

Dalam epistemologi tafsir, penafsiran Alqur’an diartikan sebagai suatu upaya untuk memahami petunjuk Allah yang tersurat di dalam kitab suci Alqur’an, sehingga apa yang tertulis di dalamnya dapat dipahami dan diamalkan oleh manusia. Terdapat beberapa metode dalam menafsirkan Alqur’an. Dan para mufassir juga menggunakan metode yang berbeda-beda dalam penafsiran mereka masing-masing. Di antaranya ada M. Yunan Yusuf dengan karyanya kitab Tafsir Juz Tabarak Khuluqun ‘Azhim, yang menafsirkan ayat-ayat Alqur’an pada Juz XXIX dengan metode tafsir Tahlili-nya. Untuk mengetahui seluk beluk kitab tafsir ini, diperlukan kajian epistemologi terhadap kitab tafsir tersebut. Sebab, epistemologi merupakan cabang filsafat yang mempersoalkan atau menyelidiki tentang sumber, susunan, metode, maupun validitas kebenaran yang bersangkutan. Dari latar belakang tersebut, ada tiga persoalan yang hendak dijawab dalam penelitian ini. Pertama, apa saja sumber tafsir yang digunakan oleh M. Yunan Yusuf dalam kitab tafsirnya Tafsir Juz Tabarak Khuluqun ‘Azhim. Kedua, metode apa yang digunakan, dan ketiga, bagaimana validitas penafsirannya. Untuk menjawab ketiga pertanyaan di atas, penelitian ini mengkaji kitab Tafsir Juz Tabarak Khuluqun ‘Azhim karya M. Yunan Yusuf. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dengan menggunakan metode pengumpulan data dokumentasi. Dari data-data yang telah terdokumentasi tersebut, kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif-analitis. Penelitian ini menghasilkan tiga kesimpulan. Epistemologi kitab Tafsir Juz Tabarak Khuluqun ‘Azhim ini terdiri dari beberapa unsur, yaitu yang pertama, sumber penafsiran yang digunakan dalam penafsiran ini bervariasi .

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Riawatiriawati.azizah96@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Al Qur'an
Tafsir
Uncontrolled Keywords: Epistemologi; M. Yunan Yusuf; Juz Tabarak Khuluqun ‘Azhim
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Azizah Riawati
Date Deposited: 24 Apr 2019 02:07
Last Modified: 24 Apr 2019 02:07
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31704

Actions (login required)

View Item View Item