Strategi pemasaran produk Bubuk Kopi UD. Teko Lampung dalam perspektif etika bisnis Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aflahawan, Muhammad (2018) Strategi pemasaran produk Bubuk Kopi UD. Teko Lampung dalam perspektif etika bisnis Islam. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Aflahawan_F02416095.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penulisan tesis ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran, hambatan strategi pemasaran, dan implikasi etika bisnis Islam terhadap implementasi strategi pemasaran produk bubuk kopi UD. Teko Lampung. Strategi pemasaran dengan segala macam teori dan definisi yang ada, perlu aplikasi nyata dalam dunia bisnis. Berhasil atau tidak strategi pemasaran selalu mendapat tempat dan evaluasi berkelanjutan. Kompetisi dunia bisnis terus bergulir, yang sukses strateginya bakal dicontoh. Kemudian yang gagal strateginya jadi teguran. Banyaknya sentra produksi bubuk kopi menjadikan persaingan bisnis kopi kian panas. Segala daya upaya dalam strategi pemasaran bubuk kopi di semua perusahaan telah dikerahkan. Cukupkah bermodal strategi pemasaran dengan mengandalkan teori dan akal manusia? Etika bisnis muncul untuk menjembatani strategi pemasaran agar mencapai falah. Etika yang terbentuk dari lingkungan, komunikasi, pengalaman hidup, dan ketaatan kepada Tuhan Yang Maha Esa mengantarkan manusia menjadi pribadi yang cerdas. Metode kualitatif deskriptif dijadikan instrumen dalam mengupas penelitian ini. Observasi dan teknik wawancara akan menunjang penelitian ini. Berlandaskan teori strategi pemasaran ialah merumuskan sebuah gagasan untuk diterapkan dalam keseluruhan aktifitas ekonomi perusahaan demi mencapai cita-cita perusahaan dan untuk kelangsungan hidup perusahaan. Dilanjutkan teori etika bisnis Islam adalah naluri alamiah yang terhubung dengan maslahah dan mafsadah dalam dunia bisnis serta perwujudan nyata untuk memperoleh ridho Allah. Hasil strategi pemasaran produk bubuk kopi UD. Teko Lampung adalah belajar dari kesalahan perusahaan itu sendiri. Produk harus ada dan telah terbentuk agar tidak memicu kerusakan dalam dunia bisnis. Memasarkan produk yang belum diproduksi atau tidak ada wujudnya adalah sebuah kesalahan yang dijadikan pengalaman dan pelajaran berharga. Melupakan agama sebagai transportasi menggapai ridho Ilahi, menjadikan perusahaan ini sadar bahwa agama telah mengatur sedemikian indah untuk diilhami. Etika bisnis Islam dapat menelurkan beragam teori dengan catatan semuanya kembali kepada al-Qur’an dan as-Sunnah. Saran dari penelitian ini adalah konsistensi dalam penerapan strategi pemasaran, mengikuti perkembangan kemajuan teknologi, dan tetap menjaga etika bisnis Islam supaya mendapatkan kebaikan dunia serta akhirat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aflahawan, Muhammadmuhammadaflahawan@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Pemasaran
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran; Bubuk Kopi; Etika Bisnis Islam
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aflahawan Muhammad
Date Deposited: 23 Apr 2019 08:17
Last Modified: 23 Apr 2019 08:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31695

Actions (login required)

View Item View Item