Lahan Pertanian Menurut Konsep Alquran: studi analisis terhadap penafsiran Thanthawi Jauhari

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Ayu Wijayanti Siswanto (2019) Lahan Pertanian Menurut Konsep Alquran: studi analisis terhadap penafsiran Thanthawi Jauhari. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ayu Wijayanti Siswanto Putri_E93215094.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan salah satu karya ilmiah yang membahas tentang lahan pertanian dan kontekstualisasinya dengan sistem pertanian di Indonesia. Tafsir al-Jawahir fiTafsir Alquran karya Tantawi Jauharimerupakan salah satu kitab tafsir dengan corak ‘ilmi yang banyak menuai pro dan kontra. Dalam penelitian ini, penulis mengemukakan tiga permasalahan, (1)Penafsiran Tantawi Jauhari mengenai lahan pertanian, (2) Karakteristik lahan pertanian menurut Tantawi Jauhari (3)Kontekstualisasi Penafsiran Tantawi Jauhari dengan pertanian di Indonesia. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penafsiran Tantawi Jauhari mengenai lahan pertanian, mendeskripsikan karakter-karakter lahan pertanian dan kontekstualisasinya dengan pertanian di Indonesia. Munculnya penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi sosial dan politik yang menjadikan pertanian di Indonesia mengalami kemunduran, hal itu disebabkan olah banyaknya koversi lahan pertanian menjadi lahan non pertanian, serta kerusakan lahan sehingga menurunkan produksi pertanian. Penelitian ini mencoba menganalisis penafsiran Tantawi Jauhari mengenai mengenai lahan pertanian, karakteristik lahan pertanian, dan kontekstualisasinya dengan pertanian di Indonesia Untuk menjawab pemasalahan tersebut digunakan metode penelitian deskriptif yaitu penelitian yang bersifat menggambarkan dan menguraikan sesuatu hal menurut apa adanya atau karangan yang melukiskan sesuatu. Serta menggunakan jenis penelitian library research (penelitian kepustakaan), yaitu mengambil pada semua jenis data yang berhubungan dengan penelitian baik berupa buku, jurnal, dan bahan-bahan tertulis lainnya. Pada akhirnya, penelitian ini memberikan jawaban bahwa, 1) Tantawi Jauhari dalam menafsirkan lahan pertanian menggunakan teori balaghah, munasabah dan teori sains, 2) Tanah dataran tinggi lebih subur daripada tanah yang berda di dataran rendah. Tanah dengan tekstur berkapur tidak cocok untuk tanaman karena kurangnya unsur hara, 3) Pada kenyatannya, sistem pengolahan lahan pertanian dalam tafsir Jawahir Alquran memiliki banyak kesamaan dengan sistem pertanian di Indonesia. Untuk menjaga tanah atau lahan harus dipahami dulu bahwa tidak semua tanaman cocok di lahan tertentu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Ayu Wijayanti Siswantoayusiswantoputri@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Al Qur'an
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Tafsir
Uncontrolled Keywords: Lahan pertanian; Thanthawi Jauhari; Pertanian di Indonesia
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Wijayanti S.P Ayu
Date Deposited: 23 Apr 2019 06:57
Last Modified: 23 Apr 2019 06:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31693

Actions (login required)

View Item View Item