Metode tafsir al Ma’unah fi Tafsir Surat al Fatihah karya KH. Abdul Hamid Abdul Qodir: perspektif Islah Gusmian

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanita, Sihalia Fahmaya (2019) Metode tafsir al Ma’unah fi Tafsir Surat al Fatihah karya KH. Abdul Hamid Abdul Qodir: perspektif Islah Gusmian. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Sihalia Fahmaya Hanita_E93215082.pdf

Download (923kB)

Abstract

Kajian tafsir di Indonesia selalu mengalami perkembangan. Karya tafsir dengan variasi metode hingga corak lahir di Nusantara. Tafsir al Ma’unah fi Tafsir Surat al Fatihah merupakan tafsir yang ditulis oleh salah satu ulama nusantara. Skripsi ini bertujuan untuk menganalisa metodologi tafsir al Ma’unah fi Tafsir Surat al Fatihah. Untuk menjawab pemasalahan tersebut menggunakan jenis penelitian library research (penelitian kepustakaan), yaitu mengambil pada semua jenis data yang berhubungan dengan penelitian baik berupa buku, jurnal, dan bahan-bahan tertulis lainnya. Tafsir Al Ma’unah Fi Tafsir Surat Al Fa>tih}ah ditulis oleh Abdul Hamid Abdul Qodir ini berangkat dari keinginan untuk memperkaya atau menambah wawasan tentang isi kandungan Alqur’an bagi para santri atau pelajar khususnya santri PPTQ Ma’unah sari. Alasan menamai tafsirnya dengan Al Ma’unah Fi Tafsir Surat Al Fatih}ah adalah memunculkan harapan agar dalam mengkaji dan mempelajari Alqur’an selalu mendapat ma’unah (pertolongan) dari Allah SWT. Juga, untuk mengabadikan nama pesantren yang kini diasuhnya yaitu pondok pesantren Ma’unah Sari. Dan dipilihnya surat al Fatihah sebagai fokus bahasan dalam tafsir ini disebabkan surat al Fatihah merupakan rukun qauli atau rukun dalam salat, selain itu juga karena merupakan surat yang paling banyak atau sering dibaca oleh seluruh umat Islam. Tafsir yang menggunakan bahasa arab ini membahas tentang fiqh, nahwu dan balaghah, ilmu qira’at, hukum syari’ah, hikmah tasyri’, faedah al Fatihah. Namun, tafsir ini lebih menitikberatkan pada pemahaman ilmu qira’ah dan ilmu fiqh. Analisa dilakukan dengan menggunakan kerangka analisis metodologi Islah Gusmian dengan memperhatikan aspek penulisan tafsir dan aspek konstruksi hermeneutik. Dari analisa tersebut dapat diketahui bahwa pada aspek teknis penulisan tafsir al Ma’unah fi Tafsir Surat al Fatihah menggunakan sistematika penyajian tematik klasik, sedangkan bentuk penyajian tafsir tergolong bentuk penyajian rinci. Gaya bahasa yang digunakan dalam tafsir ini adalah gaya bahasa populer. Asal-usul tafsir al Ma’unah bukan berasal dari ruang akademik, maka menggunakan bentuk penulisan non ilmiah. Disiplin keilmuan Abdul Hamid berasal dari disiplin keilmuan Alquran. Untuk sumber rujukan Abdul Hamid menggunakan rujukan kitab tafsir dan non tafsir. Dari sisi kontruksi heremneutik karya tafsir, tafsir al Ma’unah mrnggunakan metode interteks. Nuansa kebahasaan dan nuansa sosial kemasyarakatan yang menjadi ruang dominan yang dijadikan sudt pandang dalam menafsirkan surat al Fatihah. Kemudian pendekatan tafsir yang digunakan adalah pendekatan tekstual.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanita, Sihalia Fahmayasihaliafh@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Al Qur'an
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Tafsir
Uncontrolled Keywords: Metodologi; Aspek teknis penulisan tafsir; Aspek konstruksi hermeneutik tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Hanita Sihalia Fahmaya
Date Deposited: 23 Apr 2019 06:36
Last Modified: 23 Apr 2019 06:36
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31692

Actions (login required)

View Item View Item