Bimbingan dan Konseling Islam dengan Cognitive Behavior Therapy untuk mengatasi Shopaholic Online Shop pada seorang Mahasiswi UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurnia, Isma (2019) Bimbingan dan Konseling Islam dengan Cognitive Behavior Therapy untuk mengatasi Shopaholic Online Shop pada seorang Mahasiswi UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Isma Kurnia_B93215067.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus permasalahan dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana proses pelaksanaan bimbingan dan konseling Islam dengan cognitive behavior therapy unuk mengatasi shopaholic online shop pada seorang mahasiswi UIN Sunan Ampel Surabaya? (2) Bagaimana hasil akhir proses pelaksanaan bimbingan dan konseling Islam melalui cognitive behavior therapy untuk mengatasi shopaholic online shop pada seorang mahasiswi UIN Sunan Ampel Surabaya? Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian kualitatif menghasilkan sebuah kata-kata tertulis atau lisan yang berfokus pada saat proses terapi dalam membantu mengendalikan shopaholic online shop pada seorang mahasiswa. Selanjutnya data yang peneliti dapatkan di lapangan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif komparatif. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa dari hasil analisa koseli tidak bisa mengendalikan dirinya dalam berbelanja. Hasil dari diagnosis konseli yang sulit untuk berhenti berbelanja online, gelisah dan cemas ketika tidak bebelanja, sering membicarakan barag yang diinginkan serta tidak pernah merasa puas dan bersyukur.untuk mengatasi hal tersebut konselor menggunakan terapi cognitive behavior therapy dengan daily accounting dan skala prioritas. Setelah melakukan cognitive behavior therapy, konseli mengalami perubahan yang signifikan. Saat ini konseli sudah tidak lagi berbelanja berlebihan seperti sebelum melakukan terapi. Proses terapi ini dikatakan berhasil karena konseli sudah bisa berfikir secara rasional dan mengubah tingkah lakunya untuk tidak lagi berlebihan dalam berbelanja serta lebih banyak bersyukur. Hal ini dapat pula dilihat dari tabel perbandingan sebelum dan sesudah dilakukannya proses terapi tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurnia, Ismasemismakur@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Islam, Pakaian dan Perhiasan
Remaja, Gaya hidup
Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan Konseling Islam; Cognitive Behavior Therapy; Shopaholic Online Shop
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Kurnia Isma
Date Deposited: 26 Apr 2019 06:25
Last Modified: 26 Apr 2019 06:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31683

Actions (login required)

View Item View Item