Sejarah perkembangan pemikiran orientalisme Edward W. Said (1935-2003)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Utami, Wahyu (2019) Sejarah perkembangan pemikiran orientalisme Edward W. Said (1935-2003). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wahyu Utami_A02215022.pdf

Download (9MB)

Abstract

Skripsi ini, membatasi permasalahan pada tiga hal, yaitu (1) maksud dari Orientalisme (2) sosok perjalanan hidup Edward Said (3) pemikiran Orientalisme Edward Said terhadap Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan historis yang bertujuan untuk menggambarkan peristiwa yang terjadi pada masa lampau, mampu mengungkapkan karya-karya dan pemikirannya terhadap dunia Islam. Teori yang digunakan adalah teori biografi oleh Wilhem Dilthey. Sedangkan metodenya menggunakan metode sejarah melalui langkah-langkah yakni: heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiografi. Skripsi ini menyimpulkan bahwa (1) Orientalisme merupakan paham tentang masalah-masalah Timur. Sedangkan menurut Edward Said, Orientalisme merupakan siapa saja yang mengajar, menulis atau melakukan penyelidikan tentang dunia Timur, baik itu ahli sosiologi, sejarah, antropologi ataupun filologi dalam segi spesifik maupun segi-segi umum dari berbagai ilmu tersebut. Namun, awal kemunculan Orientalisme ini belum diketahui secara pasti siapa yang pertama kali memunculkan ilmu tersebut. Akan tetapi secara resmi kemunculan Orientalisme ditetapkan di Gereja Vina. (2) Edward Said lahir pada tanggal 1 November 1935 di Jerusalaem Palestina. Ia putra dari pasangan Mariam Said dan Maire Jaanus. Ia seorang intelektual Palestina-Amerika yang meletakkan dasar-dasar teori kritis di bidang Pascakolonalisme. Ia lulusan universitas Harvard (Amerika) dan universitas Princeton. Melalui berbagai karyanya, ia menyampaikan seputar dunia Islam kepada khalayak umum dan ini yang menjadikan pengaruh besar dalam membongkar cara pandang Barat terhadap dunia Timur. (3) salah satu karya terbesar Edward Said berjudul “Orientalisme (1978)”. Buku ini membahas lebih dalam dunia Timur sebenarnya tentang poskolonial dan Edward Said sendiri berusaha mengkritik serta membongkar hegemoni Barat terhadap Islam. Dengan karya inilah, banyak para sarjana lain mengkaji lebih dalam lagi mengenai poskolonial itu sendiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Utami, Wahyuwahyukirana55@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pemikiran
Keywords: Orientalisme; Edward Said dan Pemikiran
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Utami Wahyu
Date Deposited: 23 Apr 2019 04:58
Last Modified: 23 Apr 2019 04:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31679

Actions (login required)

View Item View Item