Peningkatan perbendaharaan kosakata dengan menggunakan Metode Bercerita pada anak Kelompok B di Raudhatul Athfal Darrusalam Baron Nganjuk

Pertiwi, Dewanti Ratna (2019) Peningkatan perbendaharaan kosakata dengan menggunakan Metode Bercerita pada anak Kelompok B di Raudhatul Athfal Darrusalam Baron Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dewanti Ratna Pertiwi_D78214017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peningkatan perbendaharaan kosakata dengan menggunakan metode bercerita di Raudhatul Athfal Darussalam.Penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas / PTK Model Kurt Lewin yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah anak Kelompok B RA Darussalam yang berjumlah 10 anak. Dalam siklus 1 dilaksanakan perencanaan terlebih dahulu yaitu menyususn RPPH, menyiapkan pedoman dan lembar kerja siswa, serta pengamatan (observasi) dan refleksi. Kemudian dalam siklus 2 adalah bentuk perbaikan dari siklus 1 , yang proses pelaksanaannya dama dengan siklus 1.Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi serta wawancara. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan perbendaharaan kosakata dengan metode bercerita. Pada rata-rata awal observasi yaitu 45,82% kemudian pada siklus 1 dengan presentase 66,67% dan pada siklus 2 anak masuk pada kriteria berkembang sangat baik dengan presentase 83,33 %. Dengan adanya metode bercerita dapat meningkatkan kinerja anak, lalu anak menjadi berani maju di depan saat mengulangi isi cerita serta dapat memberikan nilai-nilai positif dan dapat menambahkan atau perbendaharaan kosakata pada anak dalam perkembangan berbahasa.

Email: ratna.pertiwi630@gmail.com
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Nadlir, Nadlir
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Metode
Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Pertiwi Dewanti Ratna
Date Deposited: 23 Apr 2019 03:55
Last Modified: 23 Apr 2019 03:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31667

Actions (login required)

View Item View Item