Strategi komunikasi humas Pemerintah Kota Surabaya melalui media sosial

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cahyani, Adelia Masrifah (2019) Strategi komunikasi humas Pemerintah Kota Surabaya melalui media sosial. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adelia Masrifah Cahyani_B06215004.pdf

Download (2MB)

Abstract

Di era teknologi seperti saat ini media sosial merupakan suatu hal yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sosial manusia. Media sosial terbilang menjadi salah satu media penyebaran informasi yang cukup efektif bagi banyak kalangan. Humas pemkot Surabaya dituntut untuk memiliki kemampuan untuk mengelola media sosial agar informasi yang berkaitan dengan lembaga penaung dapat tersampaikan dengan baik. Selain itu humas juga harus mampu mengelola berbagai sumber informasi dan saluran komunikasi secara efektif, agar informasi yang seharusnya diketahui oleh masyarakat dapat di sampaikan kepada publik dengan tepat. Dalam penelitian ini peneliti merumuskan masalah Bagaimana strategi komunikasi humas pemkot Surabaya melalui media sosial.Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi melalui media sosial yang dilakukan Humas Pemkot Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) Dalam menyampaikan pesan melalui sosial media Humas Pemkot Surabaya terlebih melakukan diskusi dengan tim media sosial untuk menentukan pasar dati pesan tersebut dan bagaimana mengemas pesan yang akan di sampaikan kepada khalayak agar sesuai dengan tujuan yang diharapkan. (2) Untuk memperoleh perhatian dan kepercayaan dari masyarakat. Humas Pemkot Surabaya memberikan konten media sosial yang begitu variatif sesuai dengan apa yang sedang marak di lingkungan masyarakat khususnya di Kota Surabaya. (3) Sebagai upaya mengajak masyarakat berpartisipasi dalam segala kegiatan dan program Pemerintah Kota Surabaya, Humas Pemkot Surabaya mengadakan lomba foto di media sosial setiap bulannya. Selain untuk mempertahankan visi misi kota Surabaya hal ini juga sebagai tempat untuk memfasilitasi aspirasi dan karya dari warga kota Surabaya. (4) Dalam penggunaan media sosial Instagram, Facebook, Twitter dan Youtube, Humas Pemkot Surabaya memiliki segmentasi tersendiri yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam memilah informasi yang dibutuhkan melalui sosial media. (5) Dalam menanggapi respon dan kendala dari masyarakat di media sosial Humas melakukan pemantauan secara berkala dan kemudian diskusi dengan dinas terkait kemudian memberikan tanggapan dengan penjelasan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cahyani, Adelia Masrifahadeliamasrifah08@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi
Media Massa
Teknologi
Keywords: Strategi Komunikasi; Media Sosial; Humas Pemerintahan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Cahyani Adelia Masrifah
Date Deposited: 23 Apr 2019 02:05
Last Modified: 23 Apr 2019 02:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31655

Actions (login required)

View Item View Item