Aplikasi Wihdah al-Maudu'iyyah Muhammad al-Ghazali (1917-1996 M) Dalam Kitab Nahwa Tafsir Maudu'i

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Ghazaliah, Zainab (2019) Aplikasi Wihdah al-Maudu'iyyah Muhammad al-Ghazali (1917-1996 M) Dalam Kitab Nahwa Tafsir Maudu'i. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zainab Al Ghazaliah_E93215150.pdf

Download (4MB)

Abstract

Para peneliti, baik dari para intelektual muslim maupun non muslim dan sejak masa klasik hingga modern, telah banyak memperdebatkan tentang kajian kesatuan tema, koherensi dan susunan Alqur'an. Beberapa peneliti meyakini adanya kesatuan tema, namun beberapa tidak meyakininya bahkan ada yang mempertanyakan otentisitas alquran. Kajian ini merupakan respon para peneliti untuk mematahkan pendapat bahwa terdapat kekacauan dalam susunan Alqur'an juga mereka yang mempertanyakan otentisitas alquran. Mereka menekankan bahwa keseluruhan Alqur'an seperti satu kata ,semua bagiannya saling berkaitan dan menjelaskan, tidak ada kontradiksi didalamnya. Salah satu tokoh yang meyakini adanya kesatuan tema adalah Muhammad al-Ghazali. Ia menyerukan dan meyakini adanya koherensi dan kesatuan tema alquran, bahkan ia telah mengaplikasikan nya dalam bentuk kitab tafsir yang utuh, yakni kitab Nahwa Tafsir Maudu'i Li Suwar Alqur'an AlKarim. Masalah yang menjadi fokus dari penelitian ini adalah Wihdah al-Maudu'iyyah menurut Muhammad al-Ghazali dan aplikasinya dalam penafsiran. Penelitian ini bersifat kepustakaan yang kemudian diolah dengan metode deskriptif, yakni dimulai dengan mengumpulkan data, menganalisis dan menginterpretasikan nya.Kesimpulan yang dihasilkan dari penelitian ini adalah: Muhammad al-Ghazali meyakini bahwa Alquran merupakan satu kesatuan yang saling mengikat dan menolak segala bentuk parsialisasi Alqur'an. Menurutnya sudut pandang komprehensif tanpa adanya belenggu dikotomis adalah sudut pandang yang benar dalam mengkaji Alqur'an. Dalam mengaplikasikan pemikiran nya, pertama ia memaparkan detail dari surat yang dikaji, menyebutkan sabab Nuzul atau konteks historis saat surat diturunkan, mengidentifikasi tema utama dalam surat, mengaitkan dengan ayat-ayat yang memiliki tema sama dari surat lain, menghubungkan dengan konteks masa kini dan menutupnya dengan menjadikan akhir surat sebagai pembenar dan penyempurna dari awal surat. Langkah-langkah berikut menghasilkan kitab tafsir yang ringkas, praktis,padat, mengandung gagasan yang utuh dan menyeluruh dari surat yang dikaji, dapat menyelesaikan kesan kontradiksi antar ayat-ayat Alquran, membahas tema yang diangkat secara luas, relevan dengan perkembangan zaman dan memuat beragam ilmu pengetahuan

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Ghazaliah, Zainabalghazaliahzainab@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dokumen - Pemalsuan
Uncontrolled Keywords: Wihdah al-Maudu’iyyah; Aplikasi; Muhammad al Ghazali
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Al Ghazaliah Zainab
Date Deposited: 22 Apr 2019 04:57
Last Modified: 22 Apr 2019 04:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31626

Actions (login required)

View Item View Item