Analisis Maslahah Mursalah dan Perda Jatim Nomor 1 Tahun 2005 terhadap Pertambangan Pasir Bengawan Solo di Desa Kadungrejo Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prayoga, Asyrof Yahya (2019) Analisis Maslahah Mursalah dan Perda Jatim Nomor 1 Tahun 2005 terhadap Pertambangan Pasir Bengawan Solo di Desa Kadungrejo Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Asyrof Yahya Prayoga_C02215010.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Mas{lahah Mursalah Dan Perda Jatim Nomor 1 Tahun 2005Terhadap Pertambangan Pasir Bengawan Solo Di Desa Kadungrejo Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro”. Untuk menjawab bagaimana praktik penambangan pasir Bengawan Solo Di Desa Kadungrejo Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro dan Analisis Mas{lahah Mursalah Dan Perda Jatim Nomor 1 Tahun 2005 Terhadap Penambangan Pasir Bengawan Solo Di Desa Kadungrejo Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro. Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan (field research) di Desa Kadungrejo Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro dengan metode pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Selanjutnya data yang berhasil dikumpulkan di analisis dengan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori yang berkaitan dengan Mas{lahah Mursalah dan Perda Jatim Nomor 1 Tahun 2005 untuk selanjutnya di tarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: pertama, praktik pertambangan pasir tersebut masih dilakasanakan dengan cara yang manual atau sederhana hanya menggunakan alat seperti, perahu, cikrak, cangkul sekop, keranjang dan sejenisnya. Kedua, praktik pertambangan pasir tersebut berjalan sesuai dengan Perda Jatim Nomor 1 Tahun 2005 Tentang Pengendalian Usaha Pertambangan Bahan Galian Golongan C Pada Wilayah Sungai Pasal 7 Ayat (1). Namun hanya saja kurang pada aspek perizinan karena izin yang diperoleh hanya berupa izin lisan dan belum tertulis. Dan dalam Mas{lahah Mursalah praktk pertambangan tersebut di perbolehkan karena para penambang tidak merusak kealamian sungai dan dengan adanya pertambangan tersebut dapat membuka lapangan kerja baru untuk menekan jumlah pengangguran serta dapat meningkatkan perekonomian desa. Sejalan dengan penelitian di atas, penulis dapat memberikan saran kepada. pertama, pemerintah Desa Kadungrejo Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro agar terus di awasi dan di bimbing para penambang pasir yang ada agar proses penambangan dapat terus berjalan sesuai prosedur dan sesuai dengan Peraturan yang berlaku. Kedua, saran kepada pihak penambang tetap lanjutkan proses penambangan yang telah benar dan sesuai dengan peraturan yang berlaku, serta segera diurus untuk periznan secara tertulis, tetap jaga kondisi alam yang ada jangan sampai di exploitasi secara berlebih agar anak cucu kita juga dapat merasakan kelestarian dan keindahan alam Desa kita. Ketiga, Dan bagi pemerintah Desa Kadungrejo dan para penambang terus jaga hubungan tali silaturrahmi dan komunikasi agar dapat sama – sama berkolaborasi dalam hal menjaga kelestarian lingkungan dan meningkatkan perekonomian Desa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Prayoga, Asyrof Yahyaasyrofprayoga@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hubungan Masyarakat
Toleransi
Keywords: Maslahah Mursalah; Perda Jatim Nomor 1 Tahun 2005; Tambang Pasir
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Prayoga Asyrof Yahya
Date Deposited: 22 Apr 2019 01:52
Last Modified: 22 Apr 2019 01:52
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31620

Actions (login required)

View Item View Item