Manfaat al-Kam'ah dalam hadis Rasulullah SAW: kajian Ma‘ani al-hadith riwayat sunan Ibn Majah nomor indeks 3454 Perspektif Ilmu Oftalmologi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurniawan, Muh. Ilham R. (2019) Manfaat al-Kam'ah dalam hadis Rasulullah SAW: kajian Ma‘ani al-hadith riwayat sunan Ibn Majah nomor indeks 3454 Perspektif Ilmu Oftalmologi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muh. Ilham R. Kurniawan_E95215050.pdf

Download (3MB)

Abstract

Manusia di era sekarang jika dihadapkan dengan masalah kesehatan maka akan langsung mengonsumsi obat-obatan yang bersifat kimiawi. Rasulullah SAW sangat menganjurkan umatnya jika dihadapkan masalah kesehatan untuk menggunakan pengobatan yang telah banyak dicontohkan Rasulullah SAW sebelumnya. Seperti halnya untuk mencegah penyakit mata maka siapapun orangnya yang terkena penyakit mata langsung membeli obat diapotek dan memeriksa keadaan matanya di dokter dan menghabiskan biaya yang tidak sedikit. Rasulullah SAW menggunakan cairan dari tumbuhan yang disebutkan sebagai salah satu karunia terbesar yang diberikan Allah kepada umatnya yaitu Al-Kam’ah. tumbuhan tersebut sejenis jamur yang banyak ditemukan di jazirah arab serta eropa barat. Maka dengan adanya sesuatu yang menurut penulis menarik untuk dibahas penelitian ini berjudul “Manfaat Al-Kam’ah Dalam Hadis Rasulullah SAW (Kajian Ma’ani Al-Hadith Riwayat Sunan Ibn Majah No. Indeks 3454 Perspektif Ilmu Oftalmologi)”. Dengan rumusan masalah yang ditentukan oleh penulis yaitu, pertama, bagimana kualitas dan kehujjahan hadis tentang manfaat Al-Kam‘ah. Kedua, Bagaimana pemaknaan hadis tentang manfaat Al-Kam‘ah. Ketiga, Bagaimana pembuktian kebenaran Al-Kam‘ah sebagai obat mata dalam perspektif Ilmu Oftalmologi. Penelitian ini memakai metode penelitian kualitatif, dengan menggunakan dokumentasi. Objek dalam penelitian ini yaitu Al-Kam’ah yang dapat menggobati penyakit mata, dalam memahaminya memakai pendekatan ma’ani al-hadith. Serta untuk membuktikan ke autentikan hadis menggunakan ilmu oftalmologi. Ilmu oftalmologi merupakan ilmu yang membahas tentang diagnosa serta macam-macam penyakit mata. Hasil dari penelitian ini, yaitu kualitas sanad hadis riwayat Sunan Ibn Majah No. Indeks 3454 berkedudukan hasan li-dhatihi. Sedangkan kualitas sanadnya berkualitas sahih. Pemaknaan dalam hadisnya yaitu yang diaksudkan Rasulullah SAW air dari Al-Kam’ah dapat mengobati penyakit mata yaitu menurut Ibn Qayim al-Jauzzi terdapat 3 macam yaitu. Pertama, yang dimaksud air dari Al-Kam’ah yaitu air murni hasil rebusan dari Al-Kam’ah tersebut. Kedua, air dari Al-Kam’ah tersebut dicampurkan dengan obat mata lain. Ketiga, yang dimaksud air Al-Kam’ah yaitu air yang menempel disekitar tumbuhan tersebut meskipun pendapat ketiga dinilai lemah. Sedangkan implikasi dari hadis yang penulis teliti yaitu tumbuhan Al-Kam’ah memiliki kandungan air yang tinggi mencapai 77% tumbuhan tersebut dapat dijadikan sebagai tindakan preventif atau tindakan pencegahan agar mata selalu terjaga dari berbagai penyakit mata.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurniawan, Muh. Ilham R.ilhamriza03101997@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesehatan
Kesehatan

Pengobatan Tradisional
Hadis
Uncontrolled Keywords: Al-Kam’ah; Obat mata; Ilmu Oftalmologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Kurniawan Muh Ilham R
Date Deposited: 22 Apr 2019 03:53
Last Modified: 22 Apr 2019 03:53
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31614

Actions (login required)

View Item View Item