Hidup menyendiri menurut hadis Rasulullah SAW: Studi Ma'ani al-Hadith dalam Sunan al-Tirmidhiy nomor indeks 1660

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhaningrum, Fitria (2019) Hidup menyendiri menurut hadis Rasulullah SAW: Studi Ma'ani al-Hadith dalam Sunan al-Tirmidhiy nomor indeks 1660. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitria Ramadhaningrum_E05215012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Secara harfiah manusia tidak lepas dari istilah makhluk sosial, maka dari itu manusia tidak dapat dilepaskan oleh campur tangan dari manusia lainnya dalam hal bermasyarakat. Rasulullah SAW sangat menganjurkan umat Islam untuk senantiasa mempunyai perilaku sosial, oleh sebab itu tidak dibenarkan jika manusia hidup menyendiri dengan bertujuan menjaga muru’ah dirinya sendiri dan meninggalkan kehidupan dalam bermasyarakat. Akan tetapi Rasulullah SAW dalam sebuah hadis riwayat Sunan al-Tirmidhiy Nomor Indeks 1660 menjelaskan tentang manusia terbaik yaitu manusia yang hidup menyendiri di sebuah lembah, jika dilihat dari teks hadis tersebut, seakan akan Rasulullah menganjurkan umatnya untuk menyendiri disebuah lembah yang bertujuan untuk menghindari yang mungkar serta menjalankan yang ma’ruf. Akan tetapi jika hadis tersebut difahami secara radiksional maka tidak akan mengetahui makna yang sebenarnya dalam hadis tersebut. Maka dengan adanya sesuatu yang menarik, menurut penulis sangat cocok untuk dibahas penelitian ini berjudul “Hidup Menyendiri Menurut Hadis Rasulullah SAW (Kajian Ma’ani al-Hadith dalam Sunan al-Tirmidhiy Nomor Indeks 1660)”. Dengan rumusan masalah yang telah dituliskan oleh penulis yaitu. Pertama, bagaimana kualitas hadis tentang hidup menyendiri dalam Sunan al-Tirmidhiy Nomor Indeks 1660. Kedua, bagaimana kehujjahan hadis tentang hidup menyendiri dalam dalam Sunan al-Tirmidhiy Nomor Indeks 1660. Ketiga, bagaimana pemaknaan hadis tentang hidup menyendiri dalam Sunan al-Tirmidhiy Nomor Indeks 1660. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan menggunakan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini, kualitas sanad hadis dalam Sunan al-Tirmidhiy Nomor Indeks 1660 yang membahas tentang Hidup Menyendiri Menurut Hadis Rasulullah SAW berstatus sahih lighayrihi dan kualitas matan hadis berstatus sahih lidhatihi. Sedangkan kehujjahan hadis tersebut maqbul ma’mulun bihi yaitu dapat diterima dan dapat diamalkan. Maka dari itu hadis yang dibahas oleh penulis dapat dijadikan sumber hukum dalam menyelesaikan suatu masalah dalam umat muslim.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhaningrum, Fitriafit.ramadhaningrum@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Islam > Pedoman Hidup
Hadis
Uncontrolled Keywords: Menyendiri, Sunan al-Tirmidhiy
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Ramadhaningrum Fitria
Date Deposited: 22 Apr 2019 03:36
Last Modified: 22 Apr 2019 03:36
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31613

Actions (login required)

View Item View Item