TAHLIL AL IKHTIBAR AL ITIHAQI BI MA’HAD UMAR BIN KHATTAB SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zubaidy, Muhammad Afif (2015) TAHLIL AL IKHTIBAR AL ITIHAQI BI MA’HAD UMAR BIN KHATTAB SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (649kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (589kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (719kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (991kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (322kB) | Preview

Abstract

Dalam evaluasi pendidikan tes merupakan hal yang penting guna mengukur hasil belajar siswa. Suatu tes dikatakan layak digunakan jika memenuhi kriteria tes yang baik, kriteria tersebut meliputi tingkat validitas, reliabilitas, tingkat kesulitan dan daya beda yang baik.Sebaliknya, jika kriteria tersebut tidak terpenuhi dalam tes maka tes tersebut dianggap tidak layak dan harus diganti atau dihilangkan item soalnya. Hal ini sangat penting oleh seorang penguji sehingga dapat memberikan sebuah tes yang baik bagi testee nya.
Begitu juga dengan tes masuk yang dilaksanakan oleh Ma’had Umar Bin Khattab Surabaya yang menjadi tolak ukur kelulusan peserta, yang mana tes ini merupakan jenis tes standar yang digunakan untuk menentukan berhasil atau tidaknya calon siswa untuk masuk instansi pendidikan tersebut, maka tes ini perlu diuji kelayakannya dengan menganalisis butir soalnya.
Oleh karena permasalahan seperti itulah peneliti mengangkat judul “Analisis Tes Ujian Masuk Ma’had Umar Bin Khattab” sebagai obyek penelitian skripsinya yang bertujuan memberi interpretasi kelayakan tes masuk tersebut dengan mengetahui bagaimana tingkat validitas itemnya, reliabilitas soal, tingkat kesukarannya dan daya bedanya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menganalisis soal tes dengan jawaban dari seluruh peserta yang berjumlah 53 peserta. Disini peneliti menggunakan rumus dengan program Microsoft excel dalam menentukan validitas item. Untuk menentukan reliabilitas soal peneliti menerapkan rumus KR 50 yang dinyatakan reliable. Adapun penentuan tingkat kesukaran suatu item peneliti menggunakan rumus yang mana B merupakan jumlah jawaban benar yang dibagi dengan jumlah siswa yang dikalikan dengan skor tertinggi. Dari rumus tersebut diperoleh derajat kesukaran yang relatif sulit dan sedang. Sedangkan dalam menentukan daya beda suatu soal tes digunakan rumusyang mana U merupakan uplower (kelompok tertinggi) dan L adalah lower (kelompok terendah) dibagi dengan jumlah uplower/lower yang dikalikan dengan skor maksimal. Dari cara ini, peneliti menemukan adanya tingkat daya beda yang bervariasi dari yang tinggi sampai yang paling terendah dan yang paling dominan daya beda soal tes tersebut adalah maqbul atau cukup bagus

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Baihaqi
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zubaidy, Muhammad AfifUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Uncontrolled Keywords: Validitas; Reliabilitas; Tingkat Kesukaran; Daya Beda; Ujian Masuk; Ma’had Umar Bin Khattab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Jan 2016 05:59
Last Modified: 12 Jan 2016 05:59
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/3161

Actions (login required)

View Item View Item