Konflik paguyuban pengelola parkir di Pasar Kota Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Apriliyani, Sarah (2019) Konflik paguyuban pengelola parkir di Pasar Kota Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sarah Apriliyani_I73215069.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Apa penyebab konflik antara dua paguyuban pengelola parkir di Pasar Kota Bojonegoro dan bagaimana resolusi konflik yang dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab konflik paguyuban pengelola parkir di Pasar Kota Bojonegoro, mengetahui resolusi konflik yang dilakukan. Untuk menjawab pertanyaan di atas menggunakan metode penelitian kualitatif fenomenologi, dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Teori yang di gunakan untuk melihat fenomena yang terjadi pada Konflik Paguyuban Pengelola Parkir di Pasar Kota Bojonegoro adalah teori Konflik Lewis A Coser. Maka dari itu penelitian tersebut dapat di peroleh beberapa kesimpulan bahwa: (1) Konflik social yang terjadi antara dua paguyuban pengelola parkir, yaitu Paguyuban Karya Muda Peduli dengan Paguyuban Bojonegoro Solid. Kedua paguyuban memperebutkan sesuatu yang bernilai dan bersifat terbatas atau langka. Yang diperebutkan adalah area parkir (lahan parkiran) yang ada di Pasar Kota Bojonegoro. Jadi penyebab konflik yang terjadi antara Paguyuban Karya Muda Peduli dengan Paguyuban Bojonegoro Solid adalah karena adanya lelang yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan. Lahan parkir yang sebelumnya dikelola oleh masyarakat sekitaran pasar yang kemudian diambil alih oleh Dinas Perhubungan kemudian dilelang untuk mencari pengengelola yang baru. Karena pengelola lama dilakukan oleh masyarakat setempat sehingga sistemnya kurang tertata. Dengan adanya lelang maka yang menjadi pengelola menjadi jelas dan petugas yang resmi. (2) resolusi konflik tidak dilakukan secara jelas atau mencari jalan keluar bersama kedua belah pihak untuk menyelesaikan permasalahan namun lebih kepada kesadaran setiap individu dalam mengambil sikap untuk menghadapi permasalahan yang ada. Seiring berjalannya waktu konflik mereda dengan sendirinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Apriliyani, Sarahsarahapriliya3@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Konflik sosial
Uncontrolled Keywords: Konflik; Paguyuban pengelola parkir
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Apriliyani Sarah
Date Deposited: 22 Apr 2019 02:47
Last Modified: 22 Apr 2019 02:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31606

Actions (login required)

View Item View Item