Media sosial sebagai ruang publik virtual bagi mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Robi'ah, Siti Nur Hidayatur (2019) Media sosial sebagai ruang publik virtual bagi mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Nur Hidayatur Robi'ah_I73215043.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam penelitian ini, peneliti bermaksud untuk mengkaji lebih lanjut mengenai dua pokok pembahasan yaitu (1) Bagaimana media sosial dapat menjadi ruang publik virtual beserta proses pemanfaatannya bagi mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya? dan (2) Bagaimana dampak pemanfaatan media sosial sebagai ruang publik virtual bagi mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya?.Adapun metode penelitian yang digunakan ialah menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara serta dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis lebih lanjut mengenai fenomena penelitian ini, digunakan dua pisau analisis konsep teori yaitu konsep teori simulakra yang diusung oleh Jean Baudrillard digunakan untuk menganalisis lebih lanjut mengenai pemanfaatan media sosial oleh mahasiswa yang memicu terbentuknya ruang publik di ruang maya atau menganalisis lebih lanjut mengenai bagaimana mahasiswa secara perlahan telah tersimulasi oleh adanya media sosial, sehingga lebih memilih menggunakan media sosial sebagai ruang publik virtual. Serta konsep teori ruang publik Habermas yang digunakan untuk menganalisis lebih lanjut mengenai konsep-konsep ruang publik virtual yang terjadi di akun media sosial mahasiswa. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa proses terbentuknya ruang publik virtual di media sosial terjadi sebagai akibat perkembangan teknologi dan penggunaan media sosial yang semakin marak. Hampir setiap mahasiswa dari berbagai kalangan memiliki media sosial dan menjadikan media sosialnya sebagai grup-grup diskusi bersama dengan lawan komunikannya. Pada perkembangannya media sosial telah mampu menjembatani terjadinya diskusi-diskusi egaliter masyarakat era digital. Media sosial tidak hanya dijadikan sebagai media komunikasi mahasiswa maupun media penyaluran informasi saja, tetapi lebih jauh media sosial juga dimanfaatkan sebagai ruang publik virtual. Di mana di dalam ruang publik tersebut semua mahasiswa dari berbagai kalangan dapat berpartisipasi secara bersama-sama serta memiliki kesempatan yang sama untuk menyampaikan pendapatnya tanpa memandang bulu. Semua mahasiswa dapat bergabung dalam grup-grup yang diinginkan maupun membentuk grup-grup diskusi sendiri. Media sosial menyediakan berbagai kemudahan, tetapi penggunaanya juga mampu membawa dampak bagi berbagai sisi kehidupan mahasiswa seperti halnya mendapatkan kemudahan, jaringan pertemanan dan informasi yang lebih banyak, tetapi penggunannya juga dapat menghabiskan waktu lebih banyak, berkurangnya interaksi sosial dengan lingkungan sekitar secara langsung serta mampu menggeser ruang publik di dunia nyata ke dalam ruang maya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Robi'ah, Siti Nur Hidayaturhidayaturrobiah3@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi
Sosiologi
Budaya
Keywords: Media Sosial; Ruang Publik Virtual
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Robi'ah Siti Nur Hidayatur
Date Deposited: 22 Apr 2019 02:50
Last Modified: 22 Apr 2019 02:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31601

Actions (login required)

View Item View Item