Fenomena Pengangguran Terdidik di Tengah Persaingan Dunia Kerja: studi kasus di desa Pringgadani kecamatan Sidoarjo kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurullaili, Shaliska (2019) Fenomena Pengangguran Terdidik di Tengah Persaingan Dunia Kerja: studi kasus di desa Pringgadani kecamatan Sidoarjo kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shaliska Nurullaili_I73215070.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini ada tiga yaitu (1) Bagaimana Fenomena Pengangguran di Tengah Persaingan Dunia Kerja di Desa Pringgadani (2) Apa kendala Pengangguran Terdidik dalam menghadapi Persaingan Dunia Kerja di Desa Pringgadani (3) Bagaimana keterkaitan peran antara dunia pendidikan dengan dunia kerja dalam fenomena pengangguran terdidik di Desa Pringgadani.Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam melihat fenomena pengangguran terdidik ditengah persaingan dunia kerja yakni Teori Konstruksi Sosial Peter L.Berger.Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa; (1)Fenomena pengangguran terdidik di Desa Pringgadani disebabkan karena faktor kultural, antara lain kemalasan, dogma agama, pernikahan, stigma masyarakat dan struktural antara lain jenis bidang studi, kecurangan dalam dunia kerja, tidak adanya modal usaha. (2) Kendala yang dihadapi oleh penggangguran terdidik dalam mendapatkan pekerjaan meliputi berbagai macam kendala seperti, jenis pendidikan yang tidak umum sehingga kurang diminati dunia kerja, kecurangan dalam dunia kerja, menikah sehingga membatasi kegiatan, tidak adanya modal usaha yang tersedia, dan kemalasan. (3) dalam kaitannya antara dunia kerja dan dunia pendidikan sangat berperan penuh dalam pembangunan ekonomi, dimana dengan ketidakselarasan antara pembekelan dunia pendidikan dengan permintaan dunia kerja menjadikan fenomena yang miris, dimana lulusan sarjana yang dinilai memiliki kemampuan lebih namun seperti tiada artinya ketika sudah lulus dan kesulitan dalam mendapatkan pekerjaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurullaili, Shaliskashaliskaaa@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Gelar Akademis
Pengangguran
Tenaga Kerja
Uncontrolled Keywords: Pengangguran Terdidik; Persaingan; Dunia Kerja
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Nurullaili Shaliska
Date Deposited: 23 Apr 2019 01:14
Last Modified: 23 Apr 2019 01:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31599

Actions (login required)

View Item View Item