Tantangan gender bagi perempuan pengemudi ojek online: studi tentang perempuan pengemudi go-jek di kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alifina, Takhta (2019) Tantangan gender bagi perempuan pengemudi ojek online: studi tentang perempuan pengemudi go-jek di kota Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Takhta Alifina_I73215046.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dengan perkembangan zaman, keterlibatan kaum perempuan dalam sektor publik, terutama dalam kegiatan ekonomi mengalami peningkatan. Satu tahun belakangan banyak bermunculan perempuan yang bekerja sebagai pengemudi ojek online. tentu tidak mudah bagi perempuan memasuki pekerjaan yang di dominasi laki-laki. Berbagai tantangan mereka hadapi untuk membuktikan bahwa mereka juga mampu menjalani profesi yang biasa dilakukan oleh laki-laki.penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tantangan yang di hadapi perempuan pengemudi ojek online dan bagaimana mereka menyelesaikan tantangan yang mereka hadapi. Dan untuk menganalisanya menggunakan teori Konsep Kebutuhan Gender Maxine Molyneux. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi kepustakaan.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa perempuan pengemudi ojek online kerap diremehkan dan mengalami penolakan dari pelanggan karena perempuan dianggap kurang mampu menjalani profesi yang biasa dilakukan oleh kaum laki-laki. Selain itu, pekerjaan tersebut rawan dengan tindak kejahatan/tindakan asusila. Belajar pengalaman tersebut mereka menyikapinya dengan cara memastikan dulu orderan yang akan mereka ambil. Kemudian untuk menghindari perbuatan yang tidak diinginkan, misalnya seperti tindak asusila, beberapa dari mereka memakai tas ransel sebagai penghalang ketika sedang membonceng laki-laki, dan mereka juga bersikap tegas agar pelanggan tidak berani macam-macam. Kemudian perempuan yang berprofesi sebagai pengemudi ojek online juga mendapat tanggapan dari tetangga yang menganggap pekerjaan ojek kurang sesuai dengan perempuan, namun mereka dan keluarga memberi pengertian kepada tetangga bahwa perempuan juga mampu untuk bekerja sebagai pengemudi ojek online.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alifina, Takhtatakhtaalifina@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Gender
Sosiologi > Sosiologi Kota
Wanita
Uncontrolled Keywords: Tantangan Gender; Perempuan; Ojek Online
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Alifina Takhta
Date Deposited: 22 Apr 2019 02:05
Last Modified: 22 Apr 2019 02:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31598

Actions (login required)

View Item View Item