Analisis Framing pemberitaan polemik Vaksin MR (Meassles Rubella) antara pemerintah dan MUI dalam portal media online Kompas.com dan Republika.co.id periode agustus 2018

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hakiki, Alaysi Wan Dahlia (2019) Analisis Framing pemberitaan polemik Vaksin MR (Meassles Rubella) antara pemerintah dan MUI dalam portal media online Kompas.com dan Republika.co.id periode agustus 2018. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alaysi Wan Dahlia Hakiki_B06215006.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Framing Pemberitaan Polemik Vaksin Measless Rubella (MR) Antara Pemerintah Dan MUI Dalam Portal Media Online Kompas.com dan Republika.co.id Periode Agustus 2018” adalah hasil analisis teks media. Dalam penelitian ini persoalan yang hendak dikaji yaitu: Bagaimana media online Kompas.com dan Republika.co.id membingkai pemberitaan polemik vaksin Measless Rubella. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakan metode analisis teks media dengan pendekatan kritis, yang berguna untuk membongkar fakta dari data yang ada, kemudian data tersebut dianalisis menggunakan dasar pemikiran dari Robert N. Entman yang memiliki konsep yakni melihat Seleksi Isu dan Penonjolan Isu. Penonjolan adalah proses membuat informasi menjadi lebih bermakna, lebih menarik, berarti, atau lebih diingat oleh khalayak. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa Kompas.com membingkai beritanya sebagai permasalahan prosedural dari kelembagaan MUI yang perlu diselesaikan. Sedangkan Republika.co.id membingkai beritanya sebagai permasalahan hukum keagamaan yang perlu diselesaikan. Media ini membingkai berita berdasarkan ideologi nya sebagai media umat yang perlu memperjuangkan kepentingan umat. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti merekomendasikan bahwa Media hendaknya tetap menggunakan obyektvitasnya dalam membuat dan menyajikan berita kepada pembaca. Agar pembaca bisa mendapat informasi sesuai dengan realitas yang ada.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hakiki, Alaysi Wan Dahliawfhakiki@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Media Massa
Keywords: Analisis Framing; Polemik Vaksin MR; Media Online
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Hakiki Alaysi Wan Dahlia
Date Deposited: 23 Apr 2019 04:16
Last Modified: 23 Apr 2019 04:16
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31597

Actions (login required)

View Item View Item