القيم الإجتماعية في رواية حمار الحكيم لتوفيق الحكيم

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abadiyah, Ma'sumatul (2019) القيم الإجتماعية في رواية حمار الحكيم لتوفيق الحكيم. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ma'sumatul Abadiyah_A91215113.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan dalam skripsi ini adalah (i) bagaimana bentuk nilai sosial dalam novel, dan (ii) apa saja jenis nilai sosial yang terdapat dalam novel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bentuk nilai sosial yang terdapat dalam novel juga untuk mengetahui jenis nilai sosial yang ada di dalam novel. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan sosiologi sastra yang ditinjau dari karya sastra itu sendiri, yaitu untuk mengungkapkan nilai-nilai sosial yang terdapat dalam novel tersebut. Hasil penelitian menyimpulkan: Bentuk nilai sosial dalam novel Keledai yang Bijaksana karya Taufiq al Hakim terdapat delapan nilai yaitu tentang tolong menolong, kekeluargaan, kepedulian, nilai rasa memiliki, disiplin, empati, toleransi dan kerjasama. Jenis nilai sosial dalam Keledai yang Bijaksana karya Taufiq al Hakim terdapat lima nilai yaitu berupa nilai agama, nilai moral, nilai kebenaran, nilai keindahan, dan nilai vital. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif. Kualitatif ialah metode yang lebih menekankan pada aspek pemahaman kualitas secara mendalam terhadap suatu masalah dan hasilnya bukan berupa angka-angka, sedangkan deskriptif ialah mendeskripsikan hasil-hasil penelitian secara sistematis fakta dan karakteristik objek dan subjek yang diteliti secara tepat. Kemudian langkah-langkah penulis dalam mengumpulkan data ialah dengan menggunakan teknik research library (tinjauan pustaka), yaitu penulis membaca berulang-ulang hingga menemukan data-data yang berkaitan dengan bentuk dan jenis nilai sosial, setelah itu penulis melakukan analisis pada data-data tersebut dan menghasilkan hasil penelitian yang dikehendaki sesuai dengan rumusan masalah. Dengan demikian, temuan baru hasil penelitian menunjukkan bahwa novel Keledai yang Bijaksana karya Taufiq al Hakim terdapat nilai sosial berupa sifat yang terpuji seperti tolong menolong kepada sesama yang sedang membutuhkan pertolongan berupa materi dan non materi, adanya rasa kekeluargaan itu agar semakin harmonis dalam hubungan, rasa perduli kepada orang lain yang sedang keterpurukan, adanya rasa memiliki sesama biar tidak ada yang merasa dalam kesendirian, rasa disiplin apa yang menjadi tanggung jawabnya, ber empati kepada orang lain, bertoleransi atau saling menghargai terhadap sesama, dan saling bekerjasama terhadap adanya masalah agar dapat terselesaikan dengan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abadiyah, Ma'sumatulmasumabadiyah29@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Adab
Hubungan Masyarakat
Sastra
Uncontrolled Keywords: Nilai Sosial; Novel; Himar al-Hakim
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Abadiyah Ma'sumatul
Date Deposited: 22 Apr 2019 03:54
Last Modified: 22 Apr 2019 03:54
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31593

Actions (login required)

View Item View Item