Konseling Ketauhidan untuk mengurangi kepercayaan kekuatan benda supranatural pada remaja Desa Sungonlegowo Bungah Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Robithuddin, Muhammad (2019) Konseling Ketauhidan untuk mengurangi kepercayaan kekuatan benda supranatural pada remaja Desa Sungonlegowo Bungah Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Robithuddin_B93215106.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fokus penelitian adalah 1) Bagaimana proses konseling ketauhidan untuk mengurangi kepercayaan kekuatan benda supranatural pada seorang remaja desa Sungonlegowo Bungah Gresik ? 2) Bagaimana hasil akhir konseling ketauhidan untuk mengurangi kepercayaan kekuatan benda supranatural pada seorang remaja desa Sungonlegowo Bungah Gresik ? Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif yang dilakukan untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian secara holistic dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa. Data yang diperoleh merupakan hasil dari pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang disajikan dalam bab penyajian data dan analisis deskriptif komparatif dengan membandingkan kondisi awal sebelum proses konseling dengan kondisi setelah proses konseling. Proses yang dilakukan peneliti adalah identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, selanjutnya treatment dengan langkah yang pertama adalah refreming, storytelling, biblioterapy, kontrak perilaku dengan selalu memberikan penguatan ketauhidannya. Konselor mengajak klien untuk mengurangi kepercayaannya terhadap kekuatan supranatural. Setelah konselor memberikan teknik/terapi terhadap klien, ada beberapa perubahan yang dialami oleh klien, sebelum mendapatkan konseling ketauhidan dan sesudah mendapatkan proses konseling dalam pemurnian kembali keyakinannya kepada Allah terutama dalam bentuk pemikiran, perasaan dan tindakannya yang lebih berfokus hanya kepada Allah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Robithuddin, MuhammadRoberttodine@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Kebudayaan Jawa
Uncontrolled Keywords: Konseling Ketauhidan; Kepercayaan Kekuatan Benda Supranatural
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Robithuddin Muhammad
Date Deposited: 18 Apr 2019 08:27
Last Modified: 18 Apr 2019 08:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31564

Actions (login required)

View Item View Item