Dinamika Politik Muhammadiyah pada masa Kepemimpinan KH. Mas Mansur (1937-1942 M)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhani, Isnaini (2019) Dinamika Politik Muhammadiyah pada masa Kepemimpinan KH. Mas Mansur (1937-1942 M). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Isnaini Ramadhani_A92215091.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi berjudul “Dinamika Politik Muhammadiyah Pada Masa Kepemimpinan KH. Mas Mansur (1937-1942 M)” ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: (1). Bagaimana awal masuk KH. Mas Mansur dan kiprahnya dalam organisasi Muhammadiyah? (2). Apa saja kemajuan Muhammadiyah pada era KH. Mas Mansur? (3). Bagaimana politik Muhammadiyah pada masa KH. Mas Mansur? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian sejarah yang meliputi: heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiografi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan historis yang bertujuan mendeskripsikan peristiwa di masa lampau. Sedangkan landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori gerakan sosial politik, teori behavioralisme, dan teori kepemimpinan kharismatik. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa: (1). Awal masuknya KH. Mas Mansur dalam Muhammadiyah tidak lepas dari pertemuannya dengan pendiri Muhammadiyah yaitu KH. Ahmad Dahlan. Pertemuan mereka terjadi sebanyak tiga kali sebelum KH. Mas Mansur bergabung dalam Muhmmadiyah. Pertemuan yang terakhir membuat KH. Mas Mansur bergabung dalam Muhammadiyah. Karir beliau di Muhammadiyah cukup penting, hingga puncaknya adalah menjadi Ketua Pengurus Besar Muhammadiyah pada 1937-1942. (2). Peran KH. Mas Mansur dalam Muhammadiyah selama kepemimpinannya juga mengalami kemajuan dalam bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan juga keagamaan. (3). Pada masa kepemimpinan KH. Mas Mansur, Muhammadiyah turut berpartisipasi dalam dunia politik, sehingga menimbulkan dinamika politik dalam organisasi. Partisipasi Muhammadiyah dalam politik terlihat dalam MIAI, PII, dan GAPI.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhani, Isnainiisnainirahma68@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Muhammadiyah
Politik
Uncontrolled Keywords: Muhammadiyah; Politik; KH. Mas Mansur
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Ramadhani Isnaini
Date Deposited: 23 Apr 2019 01:01
Last Modified: 23 Apr 2019 01:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31556

Actions (login required)

View Item View Item